Rencana Buka Usaha, Intip Cara Buat Business Plan

Anda harus memulai bisnis di usia muda. (foto/vebma.com)

Terkini.id, Business Plan sangat diperlukan ketika kita ingin membuat usaha, dengan maksud supaya apa yang kita lakukan memiliki tujuan yang jelas, berjalan dengan sukses dan pastinya usaha tersebut tidak mandek di jalan dan terus jalan bahkan menjadi usaha yang semakin besar.

Sekecil apapun usaha yang ingin kita rintis jika memiliki tujuan yang jelas maka akan menjadi usaha yang berhasil dan bisa berkembang maju.

Bagaimana cara membuat business plan, ikuti langkah-langkah berikut, dikutip dari Liputan6 :

Aturlah rencana bisnis dalam tahapan
Membangun usaha memerlukan rencana usaha berupa tujuan usaha, struktur, analisis pasar, proyeksi keuangan dan pendapatan.
Bagilah rencana bisnismu ke dalam beberapa tahapan untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Ini akan mempermudah menentukan keberhasilan usahamu ke depan.

Pahami struktur rencana bisnis yang ditentukan
Memahami struktur rencana bisnis yang kamu tentukan akan membantumu untuk fokus dengan bisnis yang akan dijalani. Dengan tujuan yang ditentukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Mendeskripsikan usaha, mengetahui pasar potensial dengan produk yang dijual, bagaimana struktur dari manajemen bisnismu itu yang perlu dipahami. Sehingga bisa meminimalkan berbagai risiko yang akan dihadapi saat berbisnis.

Cari Konsultan Ahli dibidang bisnis yang dipilih

Business Plan dengan konsultan ahli

Mencari konsultan ahli dibidang bisnis yang ditentukan akan membantu menyusun rencana bisnis. Carilah yang berkompeten dan telah paham dengan dunia bisnis dan berkecimpung di dunia usaha. Berkonsultasilah dengan mereka yang mengerti bisnis tersebut, jangan lupa minta bantuan analisis keuangan untuk mempertimbangkan rencana keuangan untuk bisnis yang akan dijalani.

Susun Rencana Bisnis

Susun Rencana Bisnis (Sumber : jurnal.id)

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana bisnismu dengan menuangkan dalam konsep rencana tersebut dalam bentuk fisik sehingga lebih murah mengingatnya.

Menyusun rencana bisnis beberapa hal harus dilakukan :
– Buat ringkasan atau gambaran singkat bagaimana bisnis yang akan dijalankan, identifikasikan rencana usaha tersebut.

Contoh jika ingin buat usaha jualan warung makan, mulailah dengan membuat nama warung dan deskripsikan dengan kalimat misalnya warung makan ini menyediakan makanan menu resto harga kaki lima.Terletak di Jl. Mawar dan seterusnya deskripsikan dengan singkat, padat, jelas dan mudah dipahami. Cantumkan nilai positif yang berbeda dengan usaha orang lain yang memiliki model usaha yang sama.

– Cantumkan penjelasan struktur usaha yang menjelaskan tim manajemen yang ada di usahamu, produk atau jasa yang ditawarkan. Tuliskan dengan detail apa yang kamu akan jual, strategi pemasaran dan penjualan produk. Buat rencan promosi yang menarik pengunjung untuk membeli.

– Masukkan proposal pendanaan, jika membutuhkan pendanaan dari investor yang berisikan banyaknya dana yang dibutuhkan dan tawaran yang akan diberikan untuk investor.

Usaha apapun yang akan kita rencanakan untuk buat, meskipun bukan usaha besar tetapi penting untuk menyusun business plan agar terarah dan tahu tujuan dari usaha tersebut.

Selamat berusaha, semoga sukses menjalankan usahamu!

Komentar
Terkini