Resmi Dilantik, FKPT Sulsel Siap Bersinergi dengan BNPT

Terkini.id, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Pelantikan Pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Periode 2020-2022 dan Rakernas FKPT Ke-VII di Hotel Mercure Jakarta, Senin hingga Kamis, 17-20 Februari 2020.

Rakernas yang mengusung tema Damai Bersatu tersebut dihadiri oleh 288 peserta dari seluruh pengurus FKPT 23 Provinsi Se-Indonesia tersebut adalah perwakilan tokoh masyarakat, tokoh Agama, Akademisi, tokoh Perempuan, Pemuda dan praktisi media.

Dalam sambutannya, Dr Andi Intan Dulung, M.HI, Kasubid Pemberdayaan Masyarakat BNPT dan selaku ketua panitia menyampaikan bahwa rakernas ini merupakan upaya untuk menyampaikan materi kebijakan, perumusan kalender dan kegiatan FKPT serta masukan dan saran dari peserta yang berasal dari berbagai stakeholder dan perwakilan tokoh masyarakat dalam memperkuat sinergi dan energi dalam pencegahan terorisme.

“Rakernas ini untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menangkal ideologi terorisme, memperkaya wacana, merumuskan kebijakan strategis dan meningkatkan pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme sampai ke grassroot, tegasnya.

Sementara, Kepala BNPT, Komisaris Jenderal Suhardi Alius menegaskan bahwa FKPT adalah sarana untuk mengidentifikasi masalah radikalisme dan menemukan kembali keragaman kearifan lokal (lokal wisdom) dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Ada nilai yang harus dikembangkan dan digali dari kearifan lokal untuk menjadi bagian dari upaya pencegahan terorisme dan itu menjadi kekayaan luar biasa bagi bangsa kita,” tegasnya.

Suhardi juga mengimbau agar seluruh pengurus FKPT memperkuat sinergi, kebersamaan, kepedulian, dan perumusan regulasi dan koordinasi massif dengan pemerintah daerah dalam rangka membentuk negara kuat, masyarakat yang berani dan bersatu dalam mewujudkan kedamaian.

Pasca prosesi pelantikan, Ketua FKPT Provinsi Sulawesi Selatan Dr. H. Muammar Bakri, Lc. MA mengungkapkan optimisme pada pengurus FKPT Sulsel yang baru.

Formasi pengurus tersebut adalah Dr. Ir. Musdalifa M. SI (Sekertaris), Ir. Arwan Tjahjadi (bendahara), Prof. Dr. faridah Patittingi, SH. M.Hum (Kabid Perempuan dan Anak), Herwanita, S. Sos.I, M.I. Kom (Kabid Media, Hukum dan Kehumasan), Dr. Kamaluddin Abu Nawas M. Ag (Kabid Agama,Sosial dan Budaya), Suaib Pramono S. Pd.I (Kabid Pemuda dan Pendidikan), Dr. H. M. Ishaq Shamad M.A (Kabid Pengkajian dan Penelitian).

“FKPT Sulsel akan melakukan upaya pencegahan terorisme dan radikalisme melalui program program FKPT, membangun komunikasi dan menggali nilai nilai kearifan lokal di Sulawesi Selatan,” ujar Muammar.

Komentar

Rekomendasi

Dinkes Imbau Masyarakat Tak Tolak Jenazah Covid-19, Pastikan Sudah Dalam Kondisi Steril

Berita Baik, 5 Pasien Covid-19 di Makassar Dinyatakan Sembuh

Pasien Covid-19 Yang Meninggal Akan Dikubur di Pemakaman Sudiang

Fraksi PKS Sulsel Sepakat Pengalihan Anggaran Untuk Penanggulangan Bencana Covid-19

Cegah Covid-19, Gubernur se-Sulawesi Sepakat Memperketat Perbatasan

Sulsel Belum Ambil Langkah Lockdown, Gubernur Nurdin: Kita Fokus

Sulsel Tidak Memberlakukan Lockdown, Wakil Gubernur Minta Bentuk Posko di Pintu Masuk

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Sepakat Instruksikan Refocusing APBD Penanganan Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar