Resmikan 3 Even Sulsel 2018, Menpar Tetapkan Festival Pinisi Masuk Wonderful Indonesia

Sah, Festival Pinisi Masuk 100 Top Wonderful Indonesia. Diluncurkan pada 12 Juli 2018 di gedung Sapta Pesona Kemenpar.

Terkini.id, Jakarta – Bertempat di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI di Jakarta, Kamis 12 Juli 2018 malam dilakukan peluncuran tiga kalender even Sulawesi Selatan.

Acara yang diinisiasi oleh Plt. Gubernur Sulaweai Selatan, Soni Sumarsono ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata, Arif Yahya, Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali, Walikota Makassar Danny Pomanto, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, Sekretaris Propinsi Sulsel, Touto Tana’, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Musaffar Syah, para Pimpinan DPRD dan Komisi D Kabupaten Bulukumba, para Duta Besar negara sahabat, pemerhati pariwisata beserta sejumlah pejabat lainnya.

Menpar Arief Yahya menerima cindramata dari Bupati Bulukumba

Kepala Dina Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Musaffar Syah beberapa waktu lalu mengatakan untuk tahap pertama terdapat tiga kabupaten di Sulsel yakni Kabupaten Bulukumba, Tana Toraja dan Kota Makassar.

Ketiganya ini merupakan daerah yang masuk dalam wonderful even nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata.

Event F8 masuk kalender event nasional dan hari ini diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata RI di gedung Kemenpar, Kamis 12 Mei 2018.
Event F8 masuk kalender event nasional dan hari ini diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata RI di gedung Kemenpar, Kamis 12 Mei 2018.

“Kabupaten Bulukumba dengan Festival Pinisi, Kabupaten Tana Toraja dengan Lovely Desember dan Kota Makassar dengan even Festival F8.

Baca :Mantan Ketua KPK Jadi Peserta Bira Sunset Run di Bulukumba

Di samping itu, Pj Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tautoto Tana’ menyampaikan bahwa sangat banyak even yang menjadi alternatif di Sulawesi Selatan, tapi hanya 3 even yang lolos dalam seleksi untuk masuk kategori wonderfull even Indonesia Tahun 2018.

“Besar harapan kepada daerah lainnya untuk melaksanakan komunikasi, koordinasi dan asistensi kementerian pariwisata, sehingga semakin banyak even di daerah Sulsel yang bisa masuk dalam Wonderful Even Indonesia pada tahun berikutnya,”ujarnya.

Dikatakan pula bahwa sektor pariwisata adalah menjadi pilar utama pembangunan di Sulawesi Selatan.

“Sangat berharap adanya dukungan dari Kementerian pariwisata, sehingga dapat menggenjot perekonomian di Sulsel,”harapnya.

Sementara Menteri Pariwisata Arif Yahya dalam sambutannya mengatakan bahwa tidak mudab untuk masuk top 100 kalender even nasional karena seleksinya sangat ketat dan akan mendapatkan support atau perhatian khusus dari pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat berharap pelaksanaan even ini harus berstandar nasional, sehingga semakin menarik para wisatawan untuk hadir pada acara tersebut nantinya,”papar Arief yang tampil mengenakan pakaian adat Kajang Bulukumba lengkap dengan setelah Passaapu, sarung hitam dan baju hitamnya di peluncuran event tersebut.

Baca :Hari terakhir, penonton Toraja International Festival gratis masuk

Dikatakan pula, pengembangan destinasi di Sulsel, Pemerintah Pusat  juga tetap akan mensupport beberapa even yaitu Wonderful Malino Kabupaten Gowa, Festival Danau Tempe di Wajo, Takabonerate di Selayar serta Marathon di Toraja.

“Pemerintah pusat akan mempromosikan dengan baik apa yang menjadi kalender even nasional ini, dan sangat berharap pemerintah daerah agar serius dalam mengelola pariwisata di daerahnya,”jelasnya.

Ia juga berpesan agar Bupati dan DPRD harus komitmen dalam memajukan pariwisata, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa semakin membaik.

Bagi Menteri Arief, mengelola pariwisata itu harus dikeroyok, jangan hanya dinas pariwisatanya saja yang bekerja, tapi dinas-dinas lainnya juga ikut terlibat langsung, sehingga proses pengembangan destinasi wisata di daerah berlangsung dengan cepat.

Mengakhiri sambutannya, menteri pariwisata didampingi para bupati/walikota meluncurkan kalender even pariwisata dengan ditandai pemukulan ellung /lesung dan penyerahan cinderamata dari para bupati ke Menteri Pariwisata.

Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali sangan berterima kasih dengan masuknya Festival Pinisi dalam Wonderful Even Nasional Tahun 2018, karena dengan Even ini Pemkab akan menambah geliat pariwisata di Bulukumba.

Baca :Panitia F8 Optimis capai pengunjung di angka 500 ribu di hari terakhir

“Even ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Bulukumba khususnya daerah yang menjadi tujuan wisatawan asing dan wisatawan lokal,”papar orang nomor satu di Butta Panrita Lopi ini.

Sukri juga menyampaikan, pemerintah Kabupaten Bulukumba saat ini semakin menggenjot pembangunan di sektor pariwisata, karena sektor pariwisata diharapkan akan menjadi motor pendapatan asli daerah.

“Kabupaten Bulukumba kaya akan potensi wisata, khususnya wisata bahari dan wisata pegunungan. Olehnya itu, Pemkab sangat berharap Pemerintah Pusat banyak menggelontorkan dana ke bulukumba guna percepatan pembangunan sektor pariwisata,”harapnya.

Pada kesempatan ini pula, Bupati mengundang langsung Menteri Pariwisata untuk hadir langsung pada acara Festival Pinisi yang tidak lama lagi akan dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba.

Pada acara peluncuran Kalender of Even Sulawesi Selatan ini di hibur oleh Tarian Pinisi Penakluk 4 Benua yang ditampilkan oleh sanggar seni Saorajae Kec. Ujung Loe Kab. Bulukumba.