Respon Baik terhadap Disabilitas, Kemensos Sosialisasi Program Rehabilitasi Sosial

Sosialisasi Program Rehabilitasi Sosial PD Berbasis Keluarga, Masyarakat dan Institusi Senin 14 Oktober 2019 di Gedung Legiun Veteran Masamba.

Terkini.id,Masamba – Kementerian Sosial RI Direktorat Jendral Rehabilitasi Sosial Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Wirajaya Makassar Kerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Luwu Utara menggelar Sosialisasi Program Rehabilitasi Sosial PD Berbasis Keluarga, Masyarakat dan Institusi Senin 14 Oktober 2019 di Gedung Legiun Veteran Masamba.

Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Wirajaya Makassar H. Saiful Samad dalam laporannya mengatakan BRSPDF adalah unit pelaksana teknis penyandang disabilitas Kementerian Sosial dibawa naungan Dirjen Disabilitas Sosial.

“Diantara 17 provinsi di wilayah kerja Indonesia Timur, kita memilih kabupaten Luwu Utara karena salah satu kabupaten yang mempunyai respon sangat baik serta kepedulian pemerintah daerah terhadap program penyandang disabilitas yang pro,” ujarnya

Saiful Samad berharap kegiatan seperti ini dapat terus kita lakukan dan kerjasamakan dengan intansi atau skpd terkait seperti dinas TPHP, dinas keswan dan dinas P2KUKM.

“Saya tahu teman-teman didinas sosial tidak mudah mendata penyandang disabilitas dikabupaten luwu utara ini sehingga bisa terkumpul sekarang 32 orang,” tutur saiful.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan melihat saudara-saudara kita yang mempunyai keterbatasan fisik seperti ini, mengajarkan kita untuk pandai bersyukur dan bisa berbuat lebih.

“Kesyukuran kita yang lain karena balai rehabilitasi sosial penyandang disabilitas fisik menempatkan kegiatannya dikabupaten luwu utara, ini adalah atensi dari kerja semua pihak yang bekerja berdasarkan empati dan saya mengapresiasi karena wawasan masyarakat juga sudah terbuka bahwa keterbatasan itu bukan aib,” ungkapnya.

Indah menambahkan keterbatasan bukan penghalang untuk tidak produktif, ini juga salah satu motivasi bagi penyandang disabilitas karena pemerintah memberikan bantuan sebanyak 80 juta kepada 32 orang penyandang disabilitas.

“Bantuan yang akan diberikan pemerintah sebanyak 2.500.000 perorang via transfer kerekening masing-masing penyandang disabilitas,”lanjutnya.

Ia juga berharap saudara-saudara penyandang disabilitas fisik ini bisa menginspirasi saudara-saudara kita yang lain.

Selain Bupati Luwu Utara, turut pula hadir Kepala Dinas Sosial Besse A. Pabeangi, Camat Malangke Barat Sulpiadi dan SKPD terkait.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Jeneponto

Jeneponto Smart Branding Juara I GAFI 2019

Terkini.id,Jeneponto - Kabupaten Jeneponto berhasil meraih juara 1 kategori karya inovasi daerah lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dengan judul Jeneponto