Respon Penyederhanaan Kurikulum, Pendidikan Sejarah FIS UNM Gelar KU

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar – Program Pendidikan (Prodi) Pendidikan Sejarah akan menyelenggarakan kuliah umum (KU) pada Senin, 19 Oktober 2020 pukul 20.00 WITA sampai selesai.

Kuliah umum ini akan diselenggarakan melalui zoom dengan mengangkat tema “Dinamika Kurikulum Sejarah di Indonesia”. 

“Pertimbangan bahwa untuk melihat bagaimana posisi mata pelajaran sejarah pada kurikulum 1947, 1952, 1964,1975,1984,1994, 2004, 2006 dan yang terbaru adalah kurikulum 2013,” kata ketua prodi Pendidikan Sejarah FIS UNM, Bahri, Minggu, 18 Oktober 2020.

Kegiatan ini digelar sebagai respon terhadap wacana penyederhanaan mata pelajaran (mp) sejarah dalam kurikulum berikutnya.

“Pertimbangan lainnya adalah isu penyederhanaan kurikulum yang sempat menjadi isu nasional yang mengebiri pembelajaran sejarah,” ungkapnya.

Menarik untuk Anda:

Ketua prodi tersebut berharap  agar dengan terlaksananya kegiatan dapat dipahami bagaimana posisi kurikulum sejarah pada semua kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia. 

“Kurikulum merupakan otak dan jantungnya pendidikan, termasuk kurikulum sejarah bukan hanya berisi materi yang menguaraikan sejarah dari sebuah persitiwa atau lakon dari seorang tokoh dari sebuah peristiwa. Tapi lebih dari itu mata pelajaran sejarah secara umum dapat memahami dan menghayati jati diri bangsa serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air,” tambahnya.

Adapun link pendaftaran KU tersebut sebagai berikut https://zfrmz.com/rmIPETevhE3YmRsrbue8

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

GenBI Sukseskan GGS, ini karya mereka!

Mahasiswa UNM Kecam Pemkab Bone Masalah Perlindungan dan Keselamatan Lingkungan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar