RIP, Senator John Mc Cain, Lawan yang Negarawan

John Mc Cain (kiri)

SENATOR John Mc Cain, politisi senior Amerika Serikat mangkat hari ini dalam usia 81 tahun karena kanker. Ada yang patut ditiru dari Mc Cain oleh siapapun yang menjadi calon kepala daerah atau Presiden.

Ketika bertarung melawan Obama ditahun 2008, McCain justru meluruskan berita hoax dan fitnah yang menghujani Obama. Kala itu, Obama dituduh sebagai Muslim, terorist keturunan Arab.

Ketika sedang berkampanye di Lakeville, Minnesota bulan Oktober 2008, seorang emak-emak pendukungnya melontarkan tuduhan rasis terhadap Obama. Senator Mc Cain langsung merebut microphone dan memotong pembicaraan emak-emak tadi seraya mengatakan :

” Tidak benar buk. Obama adalah kepala keluarga dan warga Amerika yang baik. Saya hanya berbeda pandangan dengan beliau tentang isu-isu mendasar negeri ini. Dan inilah tujuan saya berkampanye melawannya. Tidak. Dia bukan orang Arab.”

Kemudian salah satu pendukungnya mengatakan dia takut oleh “kepala keluarga dan warga Amerika yang baik” itu. Mc Cain menjawab agar jangan takut kepada Obama, jikapun dia menjadi Presiden Amerika.

Pernyataan Mc Cain dijawab dengan paduan suara ” huuuuu” diselingi umpatan kepada Obama sebagai pembohong dan teroris.

Mc Cain tetap tenang dan menjawab :

” Saya akan berjuang. Berjuang mengalahkan Obama. Tapi dengan cara-cara terhormat. Saya menghomati senator Obama dan segala pencapaiannya.”

Sebagaimana diketahui, Obama mengalahkan Mc Cain. Namun ucapannya melegendaris sebagai pernyataan seorang negarawan dan seorang lawan yang mempunyai integritas dan martabat.

Padahal kalau mau, Mc Cain akan mengeksploitasi segenap fitnahan dan berita bohong untuk kemenangannya. Mc Cain sadar bahwa tidak ada artinya berkuasa jika menang hasil menggoreng fitnahan.

Sebuah fatsun politik kelas maestro yang harusnya menjadi acuan bagi segenap politisi Indonesia dalam memenangkan pertarungan kekuasaan secara dewasa dan bermartabat.

Politisi yang bermartabat membuat negara jadi hebat. Politisi yang gemar memfitnah dan menyebar berita bohong serta kemudian berkuasa hanya membuat daerahnya dan negaranya melarat.

Berkaca pada sikap negarawan Mc Cain, kita bisa menilai siapa saja politisi Indonesia yang integritasnya serta mental dan cara bermain politiknya jorok alias masih kelas comberan.

RIP Senator John Mc Cain.

Komentar

Rekomendasi

Tim Peneliti Australia Klaim Temukan Obat Penyembuh Virus Corona, Ini Nama Obatnya

Menolak Saat Disuruh Pakai Masker, Pria di Filipina Ditembak Mati

Belajar Berhitung

Pandemi yang Membuka Banyak Bobrok

Menyikapi Corona dan Hoax Melalui Intervensi Sosial

Corona oh Corona!

Mengharukan: Sepenggal Kisah Guru Pesantren di Tengah Covid-19

China Umumkan Puluhan Ribu Kasus Covid-19 Tanpa Gejala

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar