Roda pesawat Batik Air tertanam saat akan lepas landas

Ban pesawat Batik Air

Terkini.id, Manokwari – Pesawat Batik Air ID 6155 rute Manokwari-Sorong pada pukul 12.50 WIT (Waktu Indonesia Timur), mengalami insiden gagal berangkat, Selasa 13 Maret 2018.

Dalam laporan yang diterima, roda pesawat tipe A320 dan dipiloti oleh Kapten Rudi Jaya Sakti itu, amblas di saat akan lepas landas.

Roda pesawat masuk tertanam di landasan runway 17 saatakan melakukan line position. Kondisi kru dan awak pesawat dilaporkan selamat, dan telah dievakuasi.

Pesawat tersebut dinyatakan gagal terbang. “Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata ban sebelah kanan pesawat keluar dari landasan pacu kurang lebih 70 sentimeter, menyebabkan ban masuk atau amblas beberapa sentimeter,” kata Corporate Communications Strategy Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, melalui keterangan tertulisnya, Selasa siang.

Danang menjelaskan, pesawat itu awalnya melayani penerbangan dari Surabaya dengan jenis Airbus 320 CEO. Ketika hendak terbang dari Manokwari menuju Sorong, terdapat 123 penumpang ditambah dengan tujuh awak kabin.

Karena insiden itu, seluruh penumpang dan awak kabin diantar kembali ke gedung terminal sembari menunggu penanganan pesawat berlangsung.

Baca :Breaking News : Dua pesawat Lion Air Group bersenggolan

“Batik Air memohon maaf kepada para penumpang beserta seluruh pihak yang terganggu dengan adanya kejadian tersebut,” tutur Danang.