Rotary Club di Makassar Bantu Cegah Thalassemia Kalangan Milenial

Terkini.id, Makassar – Rotary Club di Kota Makassar yang dibawah naungan district 3420 dari Rotary Internasional melakukan sosialisasi cegah Thalassemia dan screening darah kepada generasi muda yang belum menikah di aula Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, 27 Februari 2020.

Sosialisasi ini melibatkan kurang lebih 400 perwakilan pelajar SMA dan SMK yang ada di Makassar dan dilanjutkan dengan tes darah dengan screening bagi pelajar yang memiliki rencana untuk menikah. 

Dalam sambutannya District Governor Rotary Indonesia 3420 Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan bahwa Rotary merupakan organisasi Internasional sangat konsen terhadap isu-isu kesehatan salah satunya  pencegahan penyakit Thalassemia. 

Penyakit Thalassemia ini sendiri dikenal sebagai penyakit kelainan darah hererediter (bawaan) oleh orang tua pembawa gen thalassemia, ditandai dengan berkurangnya atau tidak adanya sintesia (pembentukan) rantai globin normal (α dan β) sehingga mengakibatkan jumlah hemoglobia di dalam tubuh berkurang.

Tubuh yang kekurangan hemoglobia akan rentan terkena berbagai penyakit seperti anemia dan sesak nafas yang jangka panjang dapat menyebabkan kematian. Ini yang menjadi pemaparan inti dari Prof.Dr.dr.Dasril Daud (dokter spesialis anak) yang menjadi pembicara sosialisasi cegah thalassemia. 

Selain itu kedatangannya di Makassar juga melakukan agenda DG Visit yang bertujuan untuk memberi arahan strategis kepada club terhadap agenda Rotary Internasional kedepan. DI Sulawesi Selatan sendiri kali ini teradapat tiga (3) Club yaitu Ujung Pandang, Anging Mammiri dan Makassar. 

Ditempat terpisah Abd Malik Faisal, selaku Past President Rotary club Ujung Pandang, yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel mengatakan bahwa sebagai Rotarian perlu mendukung program kegiatan dari Rotary Internasional, dan berharap masyarakat dapat memfaatkan edukasi ini. 

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut beberapa petinggi Rotary club district 3420 dan President Club dari Anging Mammiri, Ujung Pandang dan Makassar serta member masing-masing club. 

Beberapa diantaranya adalah PDG drg. Imam Mudjari, Past Assitant Governor Razak Djalle, Baharuddin Sellang. dan Andi Muh, Redo. Selain itu President Club Makassar Prof Ir. Slamet Tri Sutomo, Club Ujung Padang Dr.Hernawan, Club Anging Mammiti, Dr A.Nur Baumassepe. 

Beberapa member lainnya seperti Abdriadi, Abd. Asiz bennu, Ida Mulyani Said, dr. Wahyuni, member rotary sendiri terdiri dari berbagai macam profesi dan latar belakang. 

Rotary Internasional sendiri adalah orginasi nirlaba yang pertama kali di didirikan pada 1905 di Chicago oleh Paul Harris. National Association of Rotary Clubs (Asosiasi Rotary Club Nasional) dibentuk pada 1910. Namanya kemudian diganti menjadi Rotary International pada 1922 karena telah terbentuknya cabang-cabang di luar negeri. Kini ia telah menyebar ke 168 negara dan mempunyai lebih dari 1,2 juta anggota di sekitar 35.000 klub. 

Penulis

Ade Ilham

Rotary Club Anging Mammiri

Komentar

Rekomendasi

Masika ICMI Makassar: Kas Masjid untuk Amal Jariyah Hadapi Covid-19

ACT Sulsel Kolaborasi Satgas IDI Makassar Tanggap Covid-19

Masika ICMI Sulsel Bagi Masker dan Cairan Hand Sanitizer ke Pengendara

Begini Respon AIESEC Indonesia Terhadap Wabah Covid-19

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

Peduli Covid-19, Jurnalis Makassar Bergerak Bantu Tenaga Medis dan Nonmedis

Di Tengah Wabah Covid-19, IJS Peduli Bantu Masjid di Lembanna Malino

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar