Rugikan nasabah, BI didesak audit Bank Panin cabang Makassar

Kusnaidi didampingi tim penasehat hukumnya menggugat secara perdata Bank Panin Cabang Makassar./ Herman Kambuna

Terkini.id, Makassar – Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas perbankan didesak untuk mengusut serta mengaudit Bank Panin Cabang Makassar untuk segera mengeluarkan taksasi agunan aset milik seorang nasabah bernama Kusnadi yang sampai saat ini tidak pernah dikeluarkan.

Desakan ini datang dari DPP LSM BASMI terkait adanya dugaan mafia perbankan yang ada dalam tubuh Bank Panin Tbk Makassar.

Bank Panin Cabang Makassar diduga telah semena-mena melakukan lelang secara sepihak. Hal tersebut didasari dengan adanya lelang dan taksasi senilai Rp2,2 miliar lebih atas aset milik nasabah yang bernama Kusnadi.

Aset milik Kusnadi berupa rumah dan lahan seluas 3.500 meter persegi di Jalan Tun Abdul Razak, kabupaten Gowa. Telah dilelang oleh Balai Lelang Negara, dengan harga sangat-sangat murah dan diduga kuat di luar prosedur.

Parahnya lagi, setelah lelang aset milik Kusnadi dilakukan, pihak Balai Lelang Negara tidak pernah memperlihatkan risalah lelang dan peserta lelang yang diketahui hanya tunggal.

Namun ketika hendak menyampaikan aspirasi dan maksud dari aksi tersebut, pihak Bank Panin tbk Makassar, yang di wakili oleh Asrul, melakukan upaya negoisasi kepada nasabah Kusnadi dan kuasa hukumnya.

Pada kesempatan tersebut negosiator Bank Panin yang di wakili oleh Asrul juga berjanji untuk menindak lanjuti kepada pimpinan Bank Panin hingga mempertemukan dengan penentu kebijakan.

“Ini akan kami sampaikan ke pimpinan,” katanya singkat.

Di tempat terpisah tim kuasa hukum Kusnadi, Andi Amin Tamattappi mengungkapkan bahwa memberi tenggang waktu selama seminggu guna menindak lanjuti hasil pertemuan terssbut.

“langkah selanjutnya kami hanya akan melakukan persuratan kepada BI Bank Indonesia untuk melakukan kroscek ke pihak Bank Panin yang telah merugikan nasabah dan tanpa proses sesuai ketentuan perbangkan yang berlaku.”

Atas dasar fakta keadaan tersebut kuat dugaan adanya persekongkolan dalam melakukan lelang terhadap nasabah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bisnis

Kalla Aspal Rayakan HUT ke-31 Tahun

Terkini.id, Makassar – 31 tahun yg lalu, tepatnya pada 07 Desember 1998 Kalla Group mendirikan Kalla Aspal yang menjadi Perusahaan Agen Aspal Curah dari
Bisnis

Ganti Kartu Pelanggan Telkomsel Tetap Gratis

Terkini.id, Makassar – Telkomsel konsisten mengajak pelanggan untuk menjadi bagian dari eksosistem 4G LTE dengan memberikan kemudahan dan penawaran agar segera dapat beralih ke