Makassar Terkini
Masuk

Amien Rais Sebut Pikiran Jokowi Dangkal, Ruhut Sitompul Geram: Si Tua Bangka Bau Tanah Ini Nggak Ngaca

Terkini.id, Jakarta – Politisi PDIP, Ruhut Sitompul menanggapi Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais yang menyebut Presiden Joko Widodo alias Jokowi memiliki pemikiran yang terlalu dangkal.

“Situa bangka ba’u tanah ini nggak ngaca,” kata Ruhut Sitompul melalui akun Twitter @ruhutsitompul, seperti dikutip Terkini.id pada Sabtu, 18 Juni 2022.

“Eh masih saja Nyinyir Ngebacot ha ha ha tertawa Aku termehek mehek Shalom,” sambungnya.

Dilansir dari Disway.id, Amien Rais menilai bahwa Presiden saat ini, yakni Presiden Jokowi memiliki pemikiran yang dangkal.

Hal ini disampaikan Amien Rais saat berbincang-bincang dengan Ahmad Dhani di video berjudul “AMIEN RAIS BICARA SOAL GUSDUR” yang diunggah di kanal YouTube VIDEO LEGEND pada Kamius, 16 Juni 2022.

Dalam video tersebut, Presiden Jokowi membadingkan Jokowi dengan presiden-presiden Indonesia terdahulu.

“Saya kira gini ya mas Ahmad Dhani, kalau kita pikir kan dulu pemimpin itu kan kutu buku, intelektual, yang sekarang kan merosot,” ucap Amien Rais.

“Maaf, kan Pak Jokowi nggak baca, saya kira lho ya, baca buku-buku kan nggak,” sambungnya.

Amien Rais berpendapat bahwa pemimpin negara memang jelas mengalami kemerosotan dalam pemikiran.

Menurutnya, kemerosotan ini disebabkan karena pemikiran yang hanya berfokus pada kekuasaan, termasuk, bagaimana memperpanjang kekuasaan.

“Jadi pikirannya itu apa, dangkal gitu, shallow (dangkal). Ada titik delusion of thinking, penipisan pendangkalan itu,” katanya.

Selain itu, Amien Rais menilai bahwa Soekarno memang terlihat lebih keras karena bersikap otoriter di zamannya.

Akan tetapi, menurutnya, Soekarno lebih terlihat mencengangkan dan mempunyai literasi yang sangat banyak saat berpidato.

“Jadi ini ada pemerosotan intelektual di kalangan para pemimpin. Padahal Google sudah mencukupkan apapun di situ, mau cari ceramah sejak zaman baheula sampai sekarang di YouTube juga sudah ada,” katanya.