Rumah Kata sikapi minat baca di kota Makassar, ini yang dibahas

komunitas literasi, Rumah Kata, menyelenggarakan diskusi dan nongkrong seru bertemakan "Miskin minat baca"

Terkini.id, Makassar – Salah satu komunitas literasi di kota Makassar, Rumah Kata menyelenggarakan diskusi dan nongkrong seru bertemakan “Miskin minat baca” dengan menghadirkan Jurnalis Makassar Terkini (terkini.id), Fachri Djaman dan Pendiri Aksara Merdeka, Widyawan ‘Bang O’ Setiadi sebagai narasumber.

Diskusi ini berlangsung di Warkop Resota, Jalan Batua Raya Makassar, Minggu 21 Januari 2018 dan diikuti oleh puluhan dari peserta kalangan mahasiswa dan pemerhati Literasi di kota Makassar.

Literasi merupakan kemampuan individu menangkap aksara dan mengembangkan kemampuan dalam hal kepenulisan.

Makbul selaku moderator diskusi mengungkapkan, masyarakat Indonesia perlu mengetahui bahwa fakta minat baca di negara Indonesia yakni 0,01 persen pada tahun 2013. Dari data tersebut menjelaskan rendahnya minat baca dan literasi di Indonesia.

Bagaimana dampak kedepannya bagi negara kita jika hal ini terus berlarut-larut? Ternyata akan berdampak parah bagi kualitas SDM bangsa kedepannya. Dimana pemuda berperan aktif sebagai SDM penerus bangsa.

Suasana jalannya diskusi

Pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia perlu meningkatkan minat baca dan literasi, karena hal tersebut dapat berdampak positif bagi kualitas pemuda.

“Budaya Literasi sangat berkaitan dengan budaya imajinasi dan budaya berfikir aktif,” ungkap Fachri Djaman.

Sementara Widyawan Setiadi selaku pembicara lainnya mengatakan, salah satu kunci dari meningkatkan minat baca dan literasi adalah dengan memulai membaca dan menulis.

 

Citizen Reporter : Arif (Peserta Kegiatan)

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

120 Anggota Kodim 1425 Jeneponto Jalani Tes Urine

Terkini.id,Jeneponto - Sebanyak 120 angggota Kodim 1425 Jeneponto ikut serta melakukan tes urine. Ini dilakukan dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba