Rusia Menang, Legenda Manchester United Sebut Spanyol Layak Kalah

Gol Pinaltib Zyuba/ fifa
Gol Pinaltib Zyuba/ fifa

Terkini.id – Secara dramatis timnas Spanyol harus angkat kaki dari Piala Dunia 2018 setelah kalah lewat adu pinalti oleh tuan rumah, Rusia dalam laga yang dihelat di Stadion Luzhniki, Rusia. Minggu, 1 Juli 2018.

Spanyol unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri yang dicetak oleh Sergei Ignashevich saat laga baru berjalan 10 menit. Artem Dzyuba menjadi penyelamat bagin Rusia setelah mencetak gol melalui titik putih menyusul handball Gerard Pique di kotak Pinalti Spanyol.

Skor imbang 1-1 tersebut bertahan hingga 90 menit laga berjalan, bahkan setelah 30 menit babak tambahan usai, tak ada gol lagi yang tercipta. Laga pun harus dituntaskan melalui sepakan adu pinalti.

Dalam drama ini, Penjaga Gawang Rusia, Igor Akinfeev menjadi pahlawan setelah berhasil menyelamatkan gawangnya dari 2 eksekutor Spanyol, Koke dan Iago Aspas, sementara David De Gea tak mampu membendung satupun sepakan dari eksekutor Rusia.

Rusia akhirnya berhasil lolos ke babak perempat final dengan skor 4-3 pada.

Rusia akhirnya berhasil lolos ke babak perempat final dengan skor 4-3 pada. Kemenangan ini sekaligus menorehkan sejarah baru bagi Rusia setelah 48 tahun tahun lalu dengan lolos dari babak 16 besar.

Kegagalan Spanyol melaku ke babak perempat final ini menambah deretan tim besar yang gugur pada fase 16 besar setelah sebelumnya Argentina dan Portugal lebih dulu tersingkir.

Mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand turut angkat bicara terkait tumbangnya Spanyol pada babak 16 besar ini. Menurut Rio, tersingkirnya Spanyol dari Piala Dunia 2018 adalah hal yang wajar sebab Sergio Ramos dkk tidak memiliki strategi cadangan yang bisa jadi alternatif saat menghadapi Rusia.

“Spanyol berhasil dengan penguasaan bola. Tetapi ada waktunya Anda harus mengoper bola ke penyerang. Anda harus mengubah pola permainan itu. Spanyol memang layak tersingkir,”ujar Rio kepada BBC dikutip dari indosport.

Secara statistik Spanyol mampu mendominasi penguasaan bola. berdasarkan data yang ditampilkan flashscore pada babak pertama saja penguasaan bola Spanyol mencapai 71 persen, babak kedua naik 78 persen dan pada tambahan waktu mencapai 76 persen. Namun ini tidak berarti apa-apa setelah gagal memberikan kemenangan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini