Rutin Bercinta Disebut Bisa Tunda Menopause, Benarkah? Yuk Simak Penjelasannya

Terkini.id, Jakarta – Apa sih menopause itu? Menopause merupakan suatu kondisi di mana wanita tak lagi kedatangan tamu bulanan alias menstruasi. 

Meskipun kondisi ini termasuk hal yang wajar, terlebih jika sudah memasuki usia tertentu, nyatanya banyak orang yang ingin menundanya. 

Nah, salah satu cara yang disebut dapat menunda terjadinya menopause adalah dengan rutin bercinta. Namun, benarkah demikian?

Baca Juga: Makanan Ini Bisa Mempercepat Datangnya Menopause

Sebelum mengetahui jawabannya, perlu diketahui bahwa sebelum menopause, wanita mengalami pramenopause terlebih dahulu. 

Di fase ini, banyak perubahan yang akan terjadi pada tubuh wanita, di antaranya berupa siklus menstruasi, hot flashes, dan muncul gejala lainnya yang disebabkan oleh tubuh yang memproduksi lebih sedikit hormon estrogen.

Di Amerika Serikat sendiri, menopause umumnya terjadi pada usia 51 tahun. Kendati demikian, mereka menemukan bahwa menopause rupanya bisa ditunda.

Dilansir terkini.id dari Indozone pada Sabtu, 12 Juni 2021, dari hasil penelitian ditemukan bahwa perempuan yang berhubungan seks lebih dari sekali setiap bulan akan mengalami menopause lebih lambat daripada mereka yang tak melakukannya.

“Ada kecenderungan perempuan yang menikah mengalami menopause di kemudian hari,” papar Megan Arnot, peneliti dan kandidat PhD di University College London.

Ia memperkirakan bahwa hal itu terjadi karena tubuh beradaptasi dengan frekuensi seksual orang tersebut. 

Akan tetapi, nyatanya hal ini tak serta-merta benar. Masih perlu cukup bukti agar bisa dinyatakan bahwa hal ini adalah suatu ilmu yang baru. Nah, bagaimana menurut pembaca sekalian?

Bagikan