Saking Megahnya, Masjid ini Kabarnya Dibangun Pasukan Jin

Instagram.com/pahmi_aji

Terkini.id – Salah satu destinasi wisata religi yang menarik dikunjungi jika berkunjung ke Malang, Jawa Timur, adalah Masjid Tiban. Kabarnya dibangun oleh jin.

Ya. Bangunan masjid dengan corka khas Timur Tengah dan warna yang didominasi biru putih dan kuning emas itu memang terlihat megah dan unik.

Di dalam masjid yang mirip candi ini, pengunjung bisa melihat menara-menara hingga kubah dengan berbagai warna.

Berada di tengah-tengah pemukiman yang padat, di RT 27/RW 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen. Jarak dari jalan raya menuju lokasi Masjid, sekitar satu kilometer.

Instagram.com/rerefirmansyah

Masjid tersebut kini banyak dikunjungi masyarakat, lantaran cerita-cerita kemegahannya dan paling menarik: masjid tersebut dimitoskan dibangun oleh pasukan jin.

Mirip Legenda Candi Prambanan

Banyak yang mengunjungi masjid ini, karena punya cerita yang mirip legenda Candi Prambanan. Seperti diketahui, Canri Prambanan konon dibangun dalam semalam sebagai syarat pinangan Bandung Bondowoso pada Roro Jonggrang, dan kabarnya dibangun oleh pasukan Jin.

Masjid Tiban Malang via My-PASSION

Ada juga cerita-cerita lain dari masyarakat bahwa penduduk setempat tak pernah tahu kapan dibangun dan tiba-tiba sudah jadi.

Fakta Sebenarnya

Masjid ini berada di kompleks Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang

Ternyata Masjid Tiban ini dibangun oleh tenaga manusia kok. Hal ini juga dibenarkan oleh beberapa penduduk setempat yang mengaku melihat bahan bangunan dibawa masuk ke area pondok pesantren.

Pembangunannya, tidak dilakukan secara runtut dari depan ke belakang atau dari bawah ke atas.

Kabarnya, Kiai Ahmad selaku pengasuh pondok pesantren melakukan istikharah terlebih dahulu untuk mendapatkan petunjuk membangun masjid tersebut.

Dibangun Sejak 1978 dan Saat ini Belum Rampung

Barangkali inilah satu-satunya masjid unik di Jawa timur maupun di Indonesia. Masjid ini dibangun sejak tahun 1978. Hingga, pembangunannya masih berlangsung, dan hingga kini belum juga selesai.

Lorong di Masjid Tuban (Instagram.com/ecca_sanguinis)

Pasalnya, gedung 10 lantai yang berdiri di lahan seluas 6,5 hektare itu, dikerjakan tanpa ada gambar rancangan atau desain.

Informasi berkembang, desain bangunan tempat ibadah itu dibangun hanya dengan mengandalkan mata batin melalui salat Istikharah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ragam

14 Iklan Ini Asli Kreatif, Pembuatnya Jenius

Terkini.id, Jakarta - Salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan popularitas dan memperkenalkan produknya adalah memasang iklan.Iklan bisa dalam berbentuk apa saja: dipasang di billboard