Salah ketik yang bikin Jamaluddin Jafar cabup terkaya se-Indonesia

Jamaluddin Jafar (terkini/yusventus)

terkini.id, Makassar – Calon Bupati Pinrang, Jamaluddin Jafar Jerre, mendadak viral. Harta kekayaannya, sesuai publikasi KPK, sebesar Rp 8 triliun. Itu membuatnya menjadi calon bupati terkaya di Indonesia.

Dengan nilai Rp8 triliun itu, Jamaluddin Jafar seharusnya tidak perlu nyabup, karena lebih kaya dari daerah yang ingin dia pimpin, Kabupaten Pinrang, dengan APBD cuma sekitar Rp1,2 triliun.

Jika benar adanya, harta Jamaluddin hampir setara dengan APBD Provinsi Sulawesi Selatan, yang mencapai lebih dari Rp9 triliun. Hanya saja, itu salah ketik.

“Saya sudah bantah itu, salah ketik itu. Sudah ada laporan saya sejak 2010, 2015, secara berkala. Tidak begitu besarnya,” ujar Jamaluddin Jafar, saat dihubungi terkini.id, Minggu 14 Januari.

Ya, tudingan anggota DPR RI dari dapil Papua ini bisa jadi betul. Ada kesalahan ketik yang membuat hartanya melambung tinggi. Pada situs Kawal Pilkada KPK, tertulis hartanya Rp8,35 triliun. Tetapi dokumen LHKPN yang diterima terkini.id, harta Jamaluddin Jafar sebesar Rp8,79 miliar.

LHKPN Jamaluddin Jafar (kpk.go.id)

“Staf saya besok (Senin 15 Januari 2018) akan ke KPK untuk  merevisi laporan harta kekayaan itu,” terangnya.

Meski begitu, salah ketik itu tetap menjadi penyumbang naiknya popularitasnya. Jamaluddin mengakui, sejak berita itu, dia menjadi trending topik. “Tapi saya biasaji. Ini lagi mau ketemu pak Idris (Manggabarani), karena kita didukung partainya ini,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini