Salat jamaah di Afghanistan yang diimami Jokowi diulang? ini penjelasannya

Terkini.id, Makassar – Video dan foto Presiden Joko Widodo yang menjadi imam salat berjamaah di Afghanistan viral di media massa.

Namun, beberapa waktu kemudian, beredar foto yang menunjukkan Joko Widodo yang menjadi makmum.

Foto yang disebar oleh Ahmad Fawad Lami, penyiar TV VOA Afghanistan itu, menunjukkan Jokowi menjadi makmum bersama Presiden Afghanistan.

Setelah foto kedua itu beredar, netizen pun ribut dan bertanya-tanya. Banyak yang menduga, salat pertama yang diimami Jokowi diulang karena dinilai tidak sah.

Salah satu pengguna facebook, langsung mengapload kedua foto tersebut, dan menulis caption: apa karena ini masih belajaran jadinya perlu diulang ya? Ada yang tahu?

Namun ternyata, dugaan itu salah. Kedua foto itu benar adanya. Yang pertama adalah Jokowi saat menjadi imam salat ashar. Sedangkan foto kedua, saat Jokowi menjadi makmum salah zuhur.

Presien Jokowi, yang dikonfirmasi wartawan, salat memang dilakukan dua kali.

“(Salat) yang pertama itu kan shalat zuhur, imamnya dari Imam Masjid di sana,” kata Jokowi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 31 Januari 2018.

Selanjutnya, terang Jokowi, karena harus menempuh perjalanan jauh dan berstatus sebagai musafir, Jokowi dan rombongan langsung melanjutkan ke shalat ashar.

Jokowi yang semula berada di saf barisan pertama bersama Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, lalu maju dan mengambil posisi imam.

“Kita ingin jamak takdim (salat zuhur dan ashar sekaligus saat waktu zuhur), melanjutkan ke ashar. Saya maju, ya biasa lah. Apa sih yang diramaikan? Apa?” kata Jokowi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini