Terpilih Jadi Duta Parlemen Remaja, Andi Salsa: Pemuda Adalah Episentrum Perjuangan Bangsa

Parlemen Remaja
Siswi SMA Negeri 8 Jakarta, Andi Nahrasyiah Salsabila, terpilih jadi Duta Parlemen Remaja

Terkini.id, Jakarta – Siswi SMA Negeri 8 Jakarta asal Suku Bugis, Andi Nahrasyiah Salsabila kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Pasalnya, ia terpilih setelah mengikuti seleksi ketat menjadi Duta Parlemen Remaja Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II.

Diketahui, Parlemen Remaja merupakan ajang bergengsi nasional yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI.

Dari ajang ini, para duta dari tiap Daerah Pemilihan akan diberikan pendidikan legislatif yang baik sehingga mampu memahami tugas dan peran dari DPR RI.

Pada tahun ini, Parlemen Remaja mengangkat tema “Gotong Royong menghadapi Pandemi Covid-19”.

Tema tersebut diambil untuk melihat ide dan gagasan dari para duta Parlemen Remaja dalam merespon Pandemi Covid-19 melalui kebijakan-kebijakan legislatif. Para duta dari berbagai Dapil di Indonesia akan dipertemukan pada 2-11 November 2029 mendatang.

Menarik untuk Anda:

Andi Salsa sapaannya, mengungkapkan bahwa Pandemi Covid-19 adalah sebuah tantangan dan tanggung jawab yang mesti dipikul bersama.

“Saya selalu percaya, hanya dengan gotong royong, berbagai persoalan bangsa termasuk Pandemi Covid-19 dapat diselesaikan dengan baik,” ungkap Andi Salsa, Selasa 20 Oktober 2020.

Ia memandang, gotong royong sebagai sebuah tradisi yang lahir dari manifestasi budi masyarakat Indonesia dapat menjadi jawaban problematika bangsa hari ini.

“Pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi, pemutusan hubungan kerja dimana-mana, hingga semakin tingginya kontaminasi Covid-19 harus diselesaikan dengan bergotongroyong,” ujarnya.

Memang selama ini, Andi Salsa aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakulikuler kemasyarakatan di sekolahnya.

Ia sudah terbiasa berhadapan dengan masyarakat, menjadi pilar yang mengabdi bagi masyarakat, dan penggerak teman-temannya agar mengambil peran kontribusi kepada masyarakat.

Ia pun mendorong para pemuda di Indonesia agar mengambil peran-peran sentral di tengah masyarakat.

“Dalam sejarahnya, pemuda selalu menjadi episentrum perjuangan bangsa. Kita sebagai pemuda harus terpanggil dari lubuk hati yang paling dalam untuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan,” terangnya.

Andi Salsa juga berharap, dari keikutsertaannya dalam ajang Parlemen Remaja, ia dapat lebih memahami peran lembaga legislatif.

“Saya berharap bisa belajar serta memahami tugas dan fungsi DPR diantaranya legislasi, penganggaran, dan pengawasan sehingga dapat menjadi perwajahan Parlemen Remaja Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika SMAN 8 Jakarta yang telah mendukungnya.

“Saya sangat berbahagia bisa mewakili sekolah saya di ajang ini. Saya dari lubuk hati paling dalam menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Guru, sahabat, dan seluruh sivitas akademika SMAN 8 Jakarta yang telah membina dan mendukung segala aktivitas saya, baik di dalam maupun di luar sekolah,” ucap Andi Salsa.

Siswi berdarah Bugis ini juga sangat optimis Pandemi Covid-19 bisa diselesaikan lewat gotong royong pemuda.

“Sudah saatnya kita bergerak bersama dengan seluruh elemen masyarakat. Seperti petuah nenek moyang kami di Bugis: Laoni mai tosiattinglima tositonra tasipakalebbi nasipakainge. Mari bergotongroyong, berjalan seiringan, saling menghormati dan mengingatkan di jalan kebaikan,” pesan Andi Salsa.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Forum OSIS Sulsel Apresiasi Kepala SMKN 9 Jeneponto Bantu Siswa Korban Kebakaran

Pandemi Covid-19 Tak Halangi SD Islam Athirah Makassar Gelar Kegiatan Field Trip

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar