Sambut Hardiknas 2018, 7 UPT kerjasama gelar Pesta Pendidikan

Sambut Hardiknas 2018, 7 UPT kerjasama gelar Pesta Pendidikan

Terkini.id, Makassar – Dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2018 mendatang, sebanyak 7 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan bersama Pesta Pendidikan 2018 di BP-PAUD DIKMAS Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 21 April lalu dan akan berakhir pada tanggal 27 April 2018 mendatang.

Koordinator Pameran Ngobrol Publik dan Bazar Buku Pesta Pendidikan 2018, Irwan Tando mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh 7 UPT yang berada dibawah naungan Kemendikbud.

“Jadi ada 7 UPT yang bekerjasama, kalau di Makassar kegiatan ini kami sebut Festival Hardiknas 2018,” ucapnya saat ditemui terkini.id, Rabu 25 April 2018.

Ketujuh UPT tersebut adalah BP-PAUD dan DIKMAS SULSEL, LPMP SULSEL, Balai Bahasa Sulsel, BPCB Sulsel, BPMB Sulsel, LP3TK, dan Balai Arkeologi Sulsel.

Suasana stand booth Pesta Pendidikan

Irwan melanjutkan bahwa kegiatan Pesta Pendidikan ini dilaksanakan serentak di 34 Provinsi di Indonesia sejak tanggal 21 hingga 27 April mendatang untuk menyemarakkan Hardiknas 2018.

“Ini pertama kali dilaksanakan secara serentak, biasanya dilaksanakan masing-masing,” ungkapnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, DR Wartanto mengatakan bahwa pihaknya mendorong agar daerah menjadi pelaksana dan pusat hanya akan memberikan bantuan.

“Urusan pendidikan kita serahkan kepada Daerah, pusat tugasnya menyusun regulasi dalam bentuk norma, standar, prosedur, kriteria, pembinaan dan pengawasan,” ucap Wartanto.

Ia melanjutkan bahwa dengan begitu semua UPT bisa menyatu dan melaksanakan kegiatan penyambutan hari pendidikan nasional ini secara bersama-sama sejak 21 hingga 27 April nanti.

DR Wartanto saat diwawancarai terkini.id di lokasi kegiatan

Wartanto mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak hanya ditujukan kepada masyarakat untuk menyambut Hardiknas tapi juga organisasi dunia usaha industri juga bisa terlibat.

“Jadi kalau itemnya ada ngobrol publik yah disana masyarakat bisa menyuarakan aspirasinya, pendidikan kedepannya mau bagaiman, bentuknya seperti apa bisa disuarakan disana, kan pendidikan untuk rakyat,” pungkasnya.

Kegiatan Pesta pendidikan ini sendiri terdiri dari beberapa kegiatan yang akan berlangsung setiap hari sejak 21 April hingga 27 April mendatang, seperti Ngobrol Publik, Buka Pintu Sekolah, Talkshow tentang Pendidikan, Pameran Publik dan juga Festival Publik.

Berita Terkait
Komentar
Terkini