Sambut Pemilu 2019, Kesbangpol Makassar Gelar Bimtek

Sambut Pemilu 2019, Kesbangpol Makassar Gelar Bimtek
Sambut Pemilu 2019, Kesbangpol Makassar Gelar Bimtek

Terkini.id, Makassar – Menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Orientasi Pemilu Bagi Tokoh Masyarakat, RT/RW se Kota Makassar angkatan XI tahun 2018 di Hotel Dinasti, Makassar Senin, 9 Juli 2018.

Kepala Bagian (Kabag) Kesbangpol Kota Makassar, Jamain mengungkapkan bahwa kegiatan Bimtek yang dilaksanakan Kesbangpol ini merupakan uapaya pemerintah kota Makassar untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait pentingnya untuk berpartisipasi dalam Pemilu mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan supaya masyarakat tau tahapan-tahapan pemilu,” ujar Jamain.

Jamain juga mengungkapkan bahwa partisipasi masyarakat kota Makassar cukup rendah pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan walikota dan calon walikota yang baru saja selesai terlaksana.

“Partisipasi masyarakat cukup rendah pada pemilihan gubernur dan juga walikota kemarin, hanya ada sekitar 50 persen lebih kalau tidak salah,” ungkapnya.

Menurut Jamain, ada beberapa hal yang membuat minat masyarakat cukup rendah untuk berpartisipasi pada pemilu. Salah satunya adalah masyarakat merasa bosan karena melakukan sesuatun yang itu-itu saja tanpa memahami esensi dari suara yang mereka miliki.

Menarik untuk Anda:

“Masyarakat mungkin merasa bosan karena itu-itu saja, selain itu alasan keamanan juga mungkin, dan kalau pemilihan kemarin cuaca juga mempengaruhi karena hujan,” Jamain melanjutkan.

Dari hal tersebut, Jamain menegaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat terkait pentingnya partisipasi mereka.

“Selain bimtek, kita usahakan akan melakukan kegiatan untuk memahamkan masyarakat terkait keamanan dalam partisipasinya pada pemilu, supaya tidak ragu lagi datang ke TPS,” lanjutnya.

Terakhir Jamain menghimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu lagi untuk turut berpartisipasi di Pemilu mendatang agar mampu menghasilkan pemimpin yang berintegritas dan berkualitas.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama 2 hari dengan mengundang 4 narasumber dari berbagai elemen berbeda seperti dari KPU Provinsi, Dandim, Akademisi dan Panwas Kota Makassar. Peserta yang hadir cukup antusias terlihat dari kehadiran sekitar 100 peserta yang berasal dari tokoh masyarakat.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kabar Duka, Komedian Omas Wati Meninggal Dunia

Kendati Pandemi, Parkir Online di Makassar Mampu Tingkatkan Pendapatan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar