Sampoerna Tbk kawal UKM Makassar menuju Revolusi Industri 4.0

PT. Sampoerna Tbk menggelar Seminar Inspirasi Wirausaha Unggulan dengan tema “Membangun Bisnis UKM yang Unggul dan Mandiri Menuju Era Industri 4.0”

Terkini.id, Makassar – Dalam rangka menyiapkan para pelaku industri rumah tangga dan UKM untuk menyambut Revolusi Industri 4.0, PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna), melalui payung program tanggung jawab sosial Sampoerna untuk Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB-Jakarta) sebagai pelaksana program dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) cabang Kota Makassar menggelar Seminar Inspirasi Wirausaha Unggulan dengan tema “Membangun Bisnis UKM yang Unggul dan Mandiri Menuju Era Industri 4.0”.

Kegiatan yang melibatkan 250 peserta ini merupakan puncak dari rangkaian program Local Economic Advacement Program (LEAP) yang terlaksana sejak November 2017 sampai dengan April 2018. Program CSR LEAP memfokuskan target programnya kepada kelompok usaha perikanan, yang berjumlah total 30 orang, di kelurahan Tallo Kota Makassar.

Kelompok usaha perikanan ini sebelumnya merupakan para penerima manfaat dari program Coastal Community Development Project-IFAD (CCDP-IFAD) Kementrian Kelautan dan Perikanan RI dengan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, Peternakan Kota Makassar yang berjalan dari tahun 2012 sampai 2017 lalu dan membutuhkan peningkatan kapasitas ketrampilan dan exposure dalam menjalankan usahanya.

Rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan bagi para kelompok usaha perikanan ini antara lain, Kelas Memasak Aneka Olahan Ikan, Sharing dan Studi Lapangan Budidaya Ikan Laut kepada kelompok nelayan tangkap dan budidaya, dan Pengujian Kualitas Air di area pantai Marbo, Kelurahan Tallo.

Manager Regional Relation & CSR PT HM Sampoerna Tbk, Arga Prihatmoko mengatakan bahwa seluruh pelaku UKM, tidak hanya kelompok usaha yang menjadi peneriman manfaat program LEAP, yang mengoptimalkan potensi ekonomi lokal tidak bisa mengelak dari perkembangan teknologi dan harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini sebagai alat bantu peningkatan usaha.

Menarik untuk Anda:

“Contohnya dengan melakukan pemasaran dan promosi secara online. Karenanya, Sampoerna mengajak serta para pelaku usaha, khususnya UMKM yang ada di Kota Makassar untuk meningkatkan kapasitas usahanya,” ucap Arga Prihatmoko.

Sebagaimana diketahui beberapa waktu yang lalu Presiden RI Joko Widodo meluncurkan roadmap Revolusi Industri 4.0 yang diberi nama “Making Indonesia 4.0” dalam memberikan arah bagi perkembangan industri nasional masa depan.

Terlaksananya rangkaian kegiatan program LEAP tidak lepas dari dukungan Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar serta kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan, seperti Apindo cabang Kota Makassar.

Apindo juga memperkaya perspektif diskusi dan kerja nyata bersama Sampoerna serta bersama semua pemangku kepentingan untuk memajukan para pelaku UMKM di kota ini

“Ini adalah sinergi yang sangat strategis, karena tujuannya sama yaitu memacu UMKM kita untuk naik kelas kami mengapresiasi upaya bersama semua pihak dalam kegiatan ini, dan kedepan semoga dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” kata Muammar Muhayang.

Seminar ini menghadirkan 4 pembicara strategis yang ahli pada bidangnya antara lain, Digital marketing, Zulkifly (CEO Saba Creative), Abdul Aziz Lihawa (Sales & Bussines Development), Ir Taufik Nur ST MT (Dosen Fakultas Teknologi Industri UMI), dan Bahrul Ulum (Koordinator Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan).

Sampoerna lewat momentum ini juga memberikan beberapa bantuan untuk para pelaku usaha yang telah berpartisipasi secara aktif dalam rangkaian program LEAP dan menunjukkan perubahan yang cukup signifikan seiring berjalannya waktu.

Bantuan usaha yang diberikan diantaranya, Keramba Jaring Apung yang diberikan kepada kelompok budidaya sebanyak 5 unit, Jaring penangkap ikan yang diberikan kepada kelompok nelayan tangkap sebanyak 10 unit dan Bantuan pendukung yang diberikan kepada kelompok olahan berupa kemasan dan alat pengolah adonan.

“Kami bersyukur dapat berkontribusi positif mendukung kemajuan usaha lokal yang sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat. Selain itu, para penerima manfaar bisa menyerap wawasan, inspirasi dan jejaring yang berkaitan dengan keberlanjutan program LEAP khususnya lewat kegiatan ini,” tutup Arga.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Viral Gadis Cantik Berhijab Bantu Bocah Yatim Beli HP Untuk Belajar Online

Viral Pria Salat di Kursi KRL, Netizen: Kalau Keretanya Belok Kiblatnya Juga Salah Dong

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar