Sanggar Seni Gantala Jarang Art Gallery Tampil di Festival Budaya To Berru

Terkini.id, Jeneponto – Sanggar Seni Gantala Jarang art Gallery Babul Ilmy Rumbia mewakili Kabupaten Jeneponto di Festival Budaya To Berru di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Festival yang diikuti oleh sanggar seni dari Provinsi Yogyakarta, Lampung, Jawa Barat, Bali dan sanggar seni dari 15 Kabupaten di Sulsel itu berlangsung dari Jumat hingga Minggu, 21-23 Februari 2020, di kota Alung-Alung Kabupaten Barru.

Pada Festival Budaya To Berru, sanggar seni Gantala Jarang menampilkan tari kreasi Ri Baraka dengan penata tari dan musik Jumaris.

Kepadaterkini.id, sang penata tari Ri Baraka menyampaikan makna dari tari kreasi yang ditampilkan pada festival budaya to Berru.

“Tari kreasi Ri Baraka itu membicarakan masyarakat di Jeneponto adalah sebagian besar berprofesi sebagai petani yang menghabiskan waktu seharian penuh di sawah dengan bergotong royong, dengan profesinya itu terkadang sebagai petani alaran bagi mereka untuk bangun dari tidur pulasnya,” kata Jumaris kepadaterkini.id, Minggu, 23 Februari 2020

Menurutnya, keikutsertaan Sanggar Seni Gantala Jarang Art Gallery Babul Ilmy Rumbia merupakan yang pertama kali sanggar seni Kabupaten Jeneponto mengikuti Festival To Berru.

“Sanggar Seni Gantala Jarang Art Gallery Babul Ilmy Rumbia satu-satunya perwakilan Jeneponto di Festival To Berru Kabupaten Barru dan sanggar seni perwakilan Jeneponto baru kali ini mengikuti festival tersebut, tahun-tahun sebelumnya tidak ada perwakilan dari Jeneponto dan kini kami hadir untuk Jeneponto,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jumaris mengatakan, Sanggar seni Gantala Jarang Art Gallery dibentuk oleh Yayasan Babul Ilmy Rumbia.

“Penarinya merupakan siswa MA dan MTs Babul Ilmi Rumbia, dan saya selaku Ketua Sanggar merasa senang sekaligus bangga dengan penampilan sanggar seni yang kami bina, penampilannya bisa sukses karena adanya kemauan kawan-kawan untuk berproses dan berkembang bersama,” tutur Jumaris.

Sementara, Ketua Yayasan Babul Ilmy Rumbia, Salaming, mengharapkansanggar Seni Gantala Jarang Art Galery terusmengasah kemampuan dan bakat setiap siswa yang ada di Babul Ilmy Rumbia.

“Insya Allah, semua kegiatan yang ada di sekolah akan direspon sepenuhnya asalkan kegiatan tersebut bernilai ibadah dan positif juga tidak keluar dari konsep agama sebagai ciri khas Yayasan Babul Ilmy Rumbia,” jelasnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Kapolres Jeneponto Pimpin Anggotanya Sambangi Sejumlah Kios hingga Swalayan

4 Unit Pertamini dan Kios Ludes Terbakar, Diduga Arus Pendek Listrik

Polisi Amankan Tiga Pelaku Terduga Penimbun BBM di Jeneponto

Syamsuddin Karlos, Anggota DPRD Sulsel Bagikan Sembako di Jeneponto

Gugus Tugas Jeneponto Lakukan Pemetaan Penanganan Covid-19

RS Latopas Jeneponto Rawat 3 PDP Corona di Ruang Isolasi

Diduga Terlibat Narkoba, Polres Jeneponto Tangkap Guru Honorer

Kapolres Sambangi Sejumlah Bank di Jeneponto di Tengah Wabah Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar