Satgas Pangan Bulukumba temukan perbedaan harga daging

Menjelang Ramadan Satgas pangan Bulukumba yang terdiri dari personel polisi dan juga dinas perdagangan melakukan inspeksi mendadak di Pasar Sentral Bulukumba, Rabu 16 Mei 2018.
Menjelang Ramadan Satgas pangan Bulukumba yang terdiri dari personel polisi dan juga dinas perdagangan melakukan inspeksi mendadak di Pasar Sentral Bulukumba, Rabu 16 Mei 2018.

Terkini.id,Bulukumba – Menjelang Ramadan Satgas pangan Bulukumba yang terdiri dari personel polisi dan juga dinas perdagangan melakukan inspeksi mendadak di Pasar Sentral Bulukumba, Rabu 16 Mei 2018.

Sidak dimulai ke pedagang daging ayam dan daging sapi,dalan sidak ini ditemukan perbedaan harga di beberapa pedagang?seperti harga daging ayam dimana ada penjual yang menjual daging ayam 40 ribu rupiah per ekor namun ada juga pedagang menjual daging ayam seharga 60 ribu rupiah per ekor.

Pedagang mengaku adanya perbedaan harga karena para penjual daging ayam di pasai ini menjual daging ayam per ekornya bukan dengan per kilo,sehingga harganya tergantung besar kecilnya daging ayam tersebut.

“Biasa ada yang satu ekor hanya satu kilo lebih,biasa juga ada satu ekor tapi naik dua kilo beratnya”,ujar Ani salah seorang pedagang.

Perbedaan harga juga ditemukan pada penjual daging sapi,beberapa pedagang menjual daging sapi seharga 95 ribu rupiah perkilo dan ada juga beberapa pedagang lainnya menjual seharga 100 ribu rupiah perkilonya.

Baca :Panwaslu Bulukumba umumkan hasil rekrutmen Panwas Kecamatan

Bripka Muh.Fatir menghimbau kepada para pedagang agar menyamakan harga,dan meminta para pedagang tidak mempermainkan harga apalagi saat bulan ramadan nanti.

“Tidak boleh ada banyak harga,harus satu harga”, tegas Bripka Fatir kepada salah seorang pedagang yang menjual harga daging lebih tinggi.

Sidak kemudian dilanjutkan ke pedagang bumbu dapur baik yang berada di dalam pasar maupun dipinggiran pasar.

Untuk bahan bumbu dapur ini tidak ditrmukan kenaikan harga yang signifikan dan dianggap masih dapat dijangkau oleh masyarakat.

Saat ini harga cabe besar sendiri dikual seharga 35 ribu perkilogram atau mengalami kenaikan 10 ribu dari harga sebelumnya,harga bawang putih dan bawang merah 20 ribu perkilogram,harga cabe rawit 10 ribu perkilogram.Sddangkan harga telur mengalami kenaikan dari harga 38 ribu per rak kini menjadi 45 ribu per raknya.

“Saya menghimbau agar para distributor bahan pokok jangan menimbung stock pangan untuk memainkan harga di pasaran dan apabila di temukan akan di proses sesuai hukum yg berlaku”,jelasnya Bripka Muh.Fatir Kanit Tipider Polres Bulukumba.