Satu Dusun Habis Terbakar, Diduga Akibat Gempa 7 SR di Lombok Timur

gempa lombok
Satu Dusun Habis Terbakar, Diduga Akibat Gempa 7 SR di Lombok Timur

Terkini.id, Lombok – Gempa bumi dengan kekuatan 7.0  Skala Richter (SR) kembali terjadi di wilayah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu malam, 19 Agustus 2018.

Dari data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dihimpun terkini.id, gempa bumi ini berada pada pusat koordinat 8,28 Lintang Selatan, 116,71 Bujur Timur. Pusat gempa berada pada jarak 225,48 KM dengan kedalaman 10 Kilometer.

Akibat gempa itu, beberapa wilayah di Indonesia seperti di Makassar, Sulawesi Selatan, juga merasakan getaran gempa tersebut.

Tak hanya itu, efek gempa juga melululantahkan sejumlah bangunan dan jalan serta salah satu dusun di Pulau Bungin, kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara barat (NTB) mengalami kebakaran yang diduga merupakan dampak dari gempa ini.

Dari informasi yang diterima terkini.id, seorang warga yang berada di lokasi kebakaran melaporkan kejadian tersebut lewat video.

Dalam video terlihat kebakaran besar menghanguskan sejumlah bangunan di lokasi kejadian. Dan warga membutuhkan bantuan Pemadam Kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui pasti apakah ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Menurut data dari BMKG, gempa 7 SR yang baru saja terjadi di Lombok Timur tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Namun warga Lombok diharapkan untuk tetap waspada.

Sejak Senin, 19 Agustus 2018 pukul 06.30 Wib hingga Selasa dini hari, 20 Agustus 2018, pukul 23.37 Wib, tercatat 9 kali gempa susulan melanda Lombok Timur, dengan kekuatan 5-7 SR.

Komentar

Rekomendasi

Jumlah Relawan Covid-19 di Indonesia Terbanyak di Wilayah ini

Kemenkes: Puskesmas Sediakan Layanan Periksa Covid-19

Gugus Tugas Covid-19 Serahkan 7000 APD ke Dokter Gigi dan Spesialis THT

Yayasan AHM Bantu Penyandang Disabilitas Terdampak Wabah Virus Corona

Mudik Saat Pandemi Corona, Pemerintah akan Lakukan ini

Pemerintah Minta Perangkat Desa Lakukan ini di Tengah Wabah Corona

Deteksi Kesmas di Tengah Covid-19, Kemendes PDTT Sebar Formulir

Perhatian, Cairan Disinfektan Tidak Disemprotkan ke Tubuh

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar