Satu Warga Jeneponto Positif Corona, Ini Langkah Pencegahan Pemkab

Juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan antisipasi penyebaran Covid-19 Jeneponto, Mustaufiq

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Antisipasi Penyebaran Covid-19 bakal melakukan langkah cepat deteksi dini Keluarga di lingkungan tempat tinggal keluarga pasien PDP yang dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Tim Gugus Tugas Jeneponto, Mustaufiq kepada awak media, Minggu, 19 April 2020.

“Menyikapi hal tersebut langkah yang akan diambil oleh Tim Gugus Tugas bersama Tim TGC , hàri ini, Minggu 19 April 2020 akan melakukan treching kepada semua keluarga dan lingkungan tempat tinggal keluarga yang bersangkutan dengan mengidentifikasi kontak erat dan kontak longgar. Itu akan dipimpin langsung ketua harian Tim Gugus Tugas, Letkol Inf Irfan Amir bersama Koordinator Tim TGC,” kata Mustaufiq.

Menurutnya, tim TGC akan melakukan pemeriksaan Rapid Diagnostik Test (RDT) dan Swab bagi keluarga pasien tersebut.

“Tim TGC akan melakukan pemeriksaan RDT pada kontak longgar dan Swab ( PCR) pada kontak erat mulai orang tua ,saudara dan keluarga yang pernah kontak langsung ,termasuk isolasi mandiri ke 14 perawat dan dokter yang menangani yang bersangkutan dengan interval waktu hingga 14 hari kedepan terhitung mulai hari ini, Intervensi lapangan oleh Tim TGC akan menggunakan SOP penangan Covid-19,” jelas Mustaufiq.

Menarik untuk Anda:

Mustaufiq juga menyampaikan himbaua Pemerintah Kabupaten Jeneponto kepada masyarakat kabupaten Jeneponto untuk tetap tenang dan jangan panik dengan situasi.

“Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Jeneponto menghimbau kepada masyarakat Jeneponto agar tetap tenang, namun harus waspada dengan terdapatnya satu kasus yang cluster asalnya dari Makassar ini,” bebernya.

“Maka perketat pemantauan bersama atas keluarga, tetangga, di sekitar kita dan cepat melaporkan ke tim gugus atau pemerintah setempat untuk kita lakukan pemantauan dan pemeriksaan,” sambung Mustaufiq.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Jeneponto juga menyampaikan himbauan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

“Bupati meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar menjalankan himbauan pemerintah untuk tidak berkumpul, batasi jarak atau social distancing, dan tetap menggunakan masker serta cuci tangan setiap datang dari bepergian,” tutup Mustaufiq.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Rapat Paripurna Tidak Kuorum, Anggota DPRD Jeneponto Ini Minta BK Bertindak

Rapat Paripurna Pengesahan 7 Ranperda Ditunda, Bupati Jeneponto: Tidak Seharusnya Terjadi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar