Makassar Terkini
Masuk

Saudara Terlibat Pelecehan Seksual, CNN AS Pecat Pembawa Acara Chris Cuomo

Terkini.id , Jakarta – CNN AS memecat seorang pembawa acaranya Chris Cuomo pada hari Sabtu 4 Desember 2021 waktu setempat. Chris dituding terlibat dalam membantu saudaranya, Andrew Cuomo (64), dalam menangani kasus pelecehan seksual yang dihadapinya.

Chris merupakan sosok pembawa berita penting prime-time CNN yang paling banyak ditonton. Dia telah mengakui melanggar beberapa aturan mengenai nasihatnya dalam menangani tuduhan terhadap saudaranya.

Sementara itu Andrew Cuomo yang juga merupakan Gubernur New York dipaksa mundur dari jabatannya pada bulan Agustus. Setelah berbagai tuduhan pelecehan seksual diberikan kepadanya.  

Dalam beberapa hari sebelumnya CNN terlebih dahulu memberikan hukuman skors untuk mengevaluasi lebih lanjut keterlibatan Chris.

Chris Cuomo diskors awal pekan ini sambil menunggu evaluasi lebih lanjut dari informasi baru yang terungkap tentang keterlibatannya dengan pembelaan saudaranya.” demikian pernyataan CNN, dikutip dari Reuters.com Senin 6 Desember 2021.

Dalam etika jurnalisme, menjadikan posisi untuk advokasi kepentingan pribadi ataupun melakukan investigasi dengan alasan pribadi merupakan suatu pelanggaran etik.

Awal mula pemberian skors diberikan setelah Jaksa Agung New York, Letitia James menunjukan bukti tes dan pesan lainnya. Dimana dia menggunakan sumbernya sendiri di media untuk mencari tahu informasi tentang kasus tersebut.

Andrew Cuomo di tahun lalu juga berhasil mendapatkan ketenarannya dalam menangani wabah Covid karena sering disiarkan di acara saudaranya pada saat itu.

Selain itu pada saat Chris melakukan isolasi mandiri karena positif Corona juga diduga masih memberikan arahan kepada wartawan lainnya terkait saudara politikusnya.