Masuk

Sebut Bjorka Bukan Hacker Sungguhan, I Made Wiryana Pawang Hacker

Komentar

Terkini.id, Jakarta- Dosen Universitas Gunadarma Dr.rer.nat. I Made Wiryana, S.Si.,S.Kom.,M.Sc menyebut Bjorka hanyalah pengepul data, bukan hacker yang sesungguhnya diungkap saat wawancara bersama Rosi Silalahi.

Dia disebut pawang hacker karena ia mampu menganalisa tingkat tinggi dan dianggap lawan besar para hacker.

I Made Wiryana yang mendalami ahli kompetensi keamanan siber yang sudah dimulai sejak usia belia.

Baca Juga: Fakta Kasus Tabrak Lari Mahasiswa UI yang Tewas Dilindas Mobil Pajero Mantan Pejabat Polri

Ketertarikan dunia elektro membuatnya menggeluti bidang  dunia elektro dan IT hingga sekarang.

Bjorka dalam mengacaukan situasi yang merugikan banyak orang, aksinya yang diduga membocorkan data pribadi milik pejabat penting.

Ia mendapatkan gelar Doktor dari Universitas Bielefeld Jerman keberhasilannya  di dunia siber dan semangatnya untuk menempuh Ilmu setinggi-tingginya.

Baca Juga: Ternyata! Serangan Stroke Bisa Dicegah dengan Deteksi Dini

Tahun 1987-an Indonesia masih sedikit terkait dalam ha IT, dan karena penasarannya membuat ia bersemangat untuk mendalami. 

Dirinya menggeluti IT hingga saat ini telah menjadi salah satu ahli siber dengan kemampuan luar biasa, pendidikan sarjana di 2 Universitas sekaligus, S1 Teknik Informatika STIMK Gunadarma dn Fisika Universitas Indonesia.

Selama di Jerman Made banyak mempelajari hal positif dan akan diterapkan di Indonesia dan terinspirasi untuk mengembangkan dunia siber di Indonesia selama 10 tahun di Jerman.

Selain disebut pawang hacker ia juga sering disebut ahli linux karena kemampuannya dalam hal mengotak-atik jaringan komputer ia membuat penelitian soal siber di Indonesia diapresiasi oleh instansi yang menaunginya Universitas Gunadarma. (Sumber: Suara.com)