Segudang Khasiat Baking Soda untuk Kecantikan Wajah dan Obat Tubuh

Baking Soda

Terkini.id, – Tak hanya sebagai pelengkap memasak kue dan roti, natrium bikarbonat atau dikenal baking soda ini memiliki segudang khasiat untuk kecantikan wajah dan obat untuk tubuh.

Penampakan baking soda berbentuk serbuk atau spiral, fungsinya sebagai campuran roti yang membantu mengembangkan roti dengan sempurna.

Salah satu manfaat lain yang bisa diterapkan untuk baking soda adalah ketika digigit serangga, Anda bisa mengoleskan baking soda dengan campuran air dan dioleskan ke kulit. Praktis yang bisa diperoleh akan mengurangi gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Untuk kecantikan wajah dan anggota tubuh lainnya ternyata baking soda juga banyak khasiatnya.

1. Memutihkan Wajah

Tak perlu biaya mahal untuk perawatan kecantikan memutihkan kulit. Buat saja masker dari baking soda yang dicampur dengan air sehingga membentuk pasta. Jadikan ini sebagai bahan untuk perawatan wajah dengan menggosok wajah menggunakan pasta ini. Gosok dengan gerakan memutar selama dua atau tiga menit setelah itu cuci muka dan gunakan pelembab wajah.

Bisa juga membuat masker baking soda yang dicampur dengan jus lemon dan beberapa tetes minyak zaitun. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan gunakan campuran ini untuk dioleskan ke wajah. Tunggu 10 menit kemudian baru bilas.

Masker baking soda ini akan membuat kulit menjadi lebih cerah dan terawat. Hanya penggunaan baking soda perlu dibatasi dan tidak digunakan di wajah setiap hari karena bisa menimbulkan iritasi yang serius. Sehingga tidak direkomendasikan oleh para profesional kesehatan karena senyawa dalam baking soda dapat menghilangkan minyak pelindung pada wajah.

2. Membantu Menyembuhkan Jerawat
Khasiat lainnya dari baking soda dapat membantu mengurangi jerawat dan rasa sakit pada kulit. Baking soda mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Hanya saja tidak disarankan untuk digunakan setiap hari cukup 2 kali seminggu agar kulit tidak mengalami iritasi terutama bagi kulit yang sensitif.

Menyembuhkan jerawat caranya cukup ambil baking soda sebanyak 2 sdt dan campurkan dengan madu 1 sdt dan lemon ½ sdt. Sapukan ke wajah yang berjerawat dan diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

3. Membantu Mengecilkan Pori-pori Wajah

Baking soda untuk toner wajah

Selain membantu menyembuhkan jerawat, baking soda juga membantu menghilangkan sel kulit mati, membersihkan pori-pori wajah dan membantu mengontrol kelebihan minyak pada wajah.

Cara gunakan, campurkan baking soda sebanyak satu sendok makan dengan secangkir air. Gunakan ini sebagai toner yang dipercikkan ke wajah setelah membersihkan wajah. Lakukan ini seminggu 3-4 kali.

4. Membantu Menghilangkan Komedo
Campurkan satu sendok baking soda dengan sedikit pasta gigi, setelah itu oleskan campuran ini ke hidung dan bagian wajah lain yang terdapat komedo. Gosok-gosok beberapa menit untuk menghilangkan komedo, kemudian bilas dengan air bersih.

5. Membantu Mencegah Bibir Hitam
Gunakan baking soda yang dicampurkan dengan madu kemudian oleskan campuran ini ke bibir dan gosok perlahan untuk pengelupasan kulit mati dan tunggu selama 2 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Membantu Memutihkan Gigi
Baking soda juga membantu memutihkan gigi dengan cara sangat mudah. Ambil 1 sendok baking soda campurkan dengan 1 buah stroberi yang telah matang dan lembutkan. Oleskan campuran tersebut ke permukaan gigi, diamkan selama lima menit setelah itu sikat dan berkumur hingga bersih.

7. Membantu Menghilangkan Bau Badan
Caranya taburkan baking soda pada ketiak, niscaya bau badan lenyap dan ketiak tidak akan berkeringat. Cobalah!

Nah, silakan mencoba khasiat baking soda yang manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan, kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Ini Penjelasan Medis Kenapa Orang Bisa Cegukan

Terkini.id - Cegukan atau singultus adalah kondisi ketika seseorang mengeluarkan bunyi ‘hik’ tanpa disengaja. Cegukan dapat terjadi selama beberapa detik atau menit (sementara) hingga lebih