Makassar Terkini
Masuk

Lah Kok? Sekarang WNA Bisa Bikin KTP, Masyarakat Resah: Untuk Pemilu 2024?!

Terkini.id, Jakarta – Pemerintah mengakui bahwa warga negara asing atau WNA bisa membuat KTP elektronik. Lantas masyarakat bertanya-tanya, bahkan beberapa pihak menduga hal tersebut dilakukan untuk Pemilu 2024 nanti.

Tudingan itu jatuh kepada Dirjen Dukcapil, pihaknya dituding sengaja membuatkan KTP untuk WNA China yang tujuannya ialah untuk Pemilu 2024.

Dikutip dari Kompas.com, Dirjen Dukcapil mengakui bahwa WNA memang bisa membuat KTP elektronik.

Namun pihaknya menegaskan meski WNA diperbolehkan membuat KTP elektronik akan tetapi mereka tetap dibatasi haknya. WNA tetap tidak memiliki hak pilih dalam ajang politik.

“Hak-hak WNA jelas berbeda dengan WNI. WNA tidak punya hak pilih sedangkan WNI punya hak pilih,” ujar Zudan, Dirjen Dukcapil.

Selain tidak boleh memilih, Zudan menegaskan bahwa WNA juga tidak boleh dipilih dalam pemilihan umum.

Hal ini menurutnya sesuai dengan Pasal 198 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang menegaskan bahwa hak memilih hanya dimiliki oleh WNI.

“Inilah bentuk lain dari limitasi hak bagi orang asing,” ungkapnya.

Mendagri menegaskan bahwa KTP untuk semua penduduk (residents) dan KTP bukan kartu sertifikat atau tanda kewarganegaraan.

Zudan menjelaskan, semua orang yang tinggal di Indonesia dalam jangka waktu panjang harus didaftarkan dan didata termasuk dengan cara diberikan KTP.

Fungsi KTP elektronik menurutnya semuanya sama, yakni untuk mengakses berbagai layanan publik.

Meski demikian, masyarakat masih resah dengan kebijakan tersebut, seorang pegiat sosial dengan akun twitter @IrutPagut membagikan berita itu lalu menuliskan pendapatnya.

Cuitan netizen (twitter @IrutPagut)

“AKHIRNYA DIRJEN DUKCAPIL MENGAKU MEMBERIKAN E-KTP PADA WNA. APAPUN ALASAN DIRJEN DUKCAPIL, ITU PENGHIANATAN PADA RAKYAT (PRIBUMI),” tulis pegiat media sosial itu dalam cuitan twitternya.

Selain menulis itu, dalam video yang dibagikannya, tertulis kekhawatiran berupa dugaan bahwa kebijakan WNA bisa bikin KTP elektronik adalah upaya untuk curang di Pemilu 2024. “Waduh WNA China sudah dibuatkan KTP untuk Pemilu 2024,” tulisnya.