Selain Atlantis, ini 7 kota gaib yang hilang dari muka bumi

Selain Atlantis, ini 7 kota gaib yang hilang dari muka bumi. (foto/listverse.com)

Terkini.id, – Selama beribu-ribu tahun, para penjelajah menceritakan tentang kisah-kisah dunia yang hilang seperti legenda kota Atlantis. Tenyata masih banyak hal yang belum diketahui dari dunia kita ini.

Seperti halnya Atlantis, banyak cerita tentang kota lainnya yang hilang tergerus oleh zaman, namun ada juga yang tetap bertahan hingga sekarang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 kota gaib yang hilang dari peradaban dunia.

1. Cibola

Ilustrasi Cibola. (foto/viva.co.id)

Para penjelajah Spanyol pada abad 16 saling berlomba untuk menemukan apa yang disebut dengan Seven Cities of Cibola.

Kota ini merupakan sebuah kota legenda yang terkenal dengan kekayaannya dan diperkirakan berhubungan dengan suku Aztek di Meksiko. Berkali-kali ekspedisi dilakukan untuk mencari kota ini namun tidak membuahkan hasil.

Lalu muncullah seorang biarawan yang mengaku telah melihat Cibola sebagai kota terindah yang pernah dilihatnya. Dari pengakuan Biarawan ini, ia mengatakan dirinya hanya melihat dari kejauhan dan tidak masuk karena dipikirnya suku Indian Zuni akan membunuhnya jika ia nekat mendekati kota itu.

2. Lemuria

Peta Lemuria. (foto/disclose.tv)

Lemuria yang biasa disebut juga dengan “Mu” adalah sebuah benua yang diyakini tenggelam di dasar Samudera Hindia atau Pasifik.

Menurut ahli filsafat, Madame Blavatsky, mengatakan bahwa penduduk benua Lemuria adalah para raksasa yang memiliki tampilan mirip kera dan berkemampuan telepati. Saat ini, grup Stelle di Amerika Serikat percaya bahwa mereka adalah keturunan bangsa Lemuria itu.

3. Hy-Brasil

Pulau Hy-Brasil. (foto/dailystar.com)

Hy-Brasil adalah sebuah pulau yang terletak di sekitar Samudra Barat dan ditutupi kabut tebal. Dari cerita masyarakat Irlandia menyatakan bahwa Pulau ini tidak bisa setiap saat terlihat dan hanya terlihat setiap 7 tahun sekali.

Beberapa ekspedisi diluncurkan untuk membuktikan keberadaan pulau tersebut, namun seperti yang sudah-sudah, tidak ada bukti apapun tentang pulau itu.

Menurut pengakuan seorang Kapten kapal, John Nisbet menyatakan bahwa ia pernah melihat pulau ini yang ditinggali oleh kelinci-kelinci hitam dan penyihir.

4. Lyonesse 

Ilustrasi Lyonesse. (foto/ncient-origins.net)

Lyonesse merupakan sebuah negara yang terletak di dekat Cornwall. Menurut cerita, tempat ini juga merupakan tempat King Arthur berperang untuk terakhir kalinya.

Lyonesse diyakini penduduk sekitar telah tenggelam di bawah laut. Cerita itu berawal dari sejarah tentang banjir besar di kepulauan Sicily dan Mount’s Bay, dimana hingga sekarang kita masih bisa melihat fosil-fosil dari hutan purba.

5. El Dorado

Ilustrasi El-Dorado. (foto/blogspot.com)

Ketika para prajurit Spanyol menginvasi Meksiko di abad-16, mereka mendengar rumor tentang sebuah kota yang berlimpah emas dan diperintah raja bernama El-Dorado yang sekujur tubuhnya diselimuti emas.

Hingga saat ini tidak ada bukti konkrit mengenai keberadaan El Dorado, meski beberapa fakta mendukung keberadaan kota emas tersebut. El-Dorado pun hanya menjadi sebuah mitos. Namun banyak orang masih percaya bahwa kota itu ada dan menunggu petualang yang tepat untuk menemukannya di waktu yang tepat pula.

6. Agharti 

Peta Agharti. (foto/storiadossier.jimdo.com)

Menurut legenda, Agharti adalah suatu dunia bawah tanah yang terhubung dengan 4 penjuru bumi melalui terowongan jaringan yang rumit. Konon, tanah ini dihuni penduduk yang cinta damai dan ingin hidup menjauhkan diri dari kehidupan di atas bumi.

Filosof terkenal, Plato pernah berbicara tentang terowongan luas yang sempit dan letaknya di bawah bumi, dan diatur oleh penguasa luar biasa yang bertahta di pusat bumi.

7.  Shambala

Shambala. (foto/youtube)

Menurut kepercayaan masyarakat, Shambala adalah kota mistis yang terletak di antara gunung-gunung salju dengan kota emas di pusatnya.

Banyak penjelajah dunia berusaha mencari keberadaan kota ini, mulai dari gurun Gobi hingga ke Tibet, dan dari Afghanistan hingga pegunungan Kun Lun di Cina. Namun kabarnya tak satupun dari mereka yang menemukan kota mistis ini.

Banyak orang mempercayai, kota Shambala dijaga dan dilindungi oleh kekuatan supranatural agar tak terlihat mata manusia. Kepercayaan ini diperkuat oleh pernyataan seorang Lama pada tahun 1928, yang mengatakan bahwa Shambala berada pada dimensi yang berbeda dan hanya mereka dengan tingkat spiritual tinggi yang dapat memasuki kota ini.

Itulah 7 kota maupun tempat yang hilang dari peradaban dunia saat ini. Hingga sekarang, masih banyak yang mempercayai akan adanya tempat-tempat legendaris tersebut. Bahkan beberapa petualang di seluruh dunia masih mencoba menemukan tempat-tempat menakjubkan ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini