Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia. Rawat pohonmu!

"Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia. Rawat pohonmu!" oleh Fakhiha Anugrah Prastica

Terkini.id, – Bumi yang kita huni semakin menderita dengan adanya pemanasan global. Sebagai pengingat bagi masyarakat dunia akan pentingnya keberadaan pohon di lingkungan, maka pada tanggal 10 Januari dijadikan sebagai hari sejuta pohon sedunia.

Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau, dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, menjadi komponen alam penting bagi manusia dan hewan.

Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.

Menurut penelitian, tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah. Bahkan tegakan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah.

Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah yang berujung pada kesejahteraan manusia. (Sumber/National Geographic).

Manfaat dan keuntungan menanam pohon

Pada tahun 2016, Pemerintah Kota Makassar mengadakan penanaman 3.000 pohon di area TPA Tamangapa, diantaranya sebanyak 1.000 pohon Trembesi, Mahoni, dan Ketapang ditanam di sepanjang jalan masuk menuju areal pembuangan TPA Tamangapa, ditambah 2.000 pohon Stek Batang Sambung Nyawa yang dalam istilah lokal dikenal dengan kayu Tamalate. (Sumber/makassarkota)

Kegiatan tersebut kurang mendapat perhatian lagi di tahun-tahun selanjutnya, dengan tidak adanya tindak lanjut dari pemerintah dalam hal memberikan perawatan terhadap pohon-pohon yang ditanam.

Penanaman pohon tidak dilakukan secara berkelanjutan tiap tahunnya dengan menyasar ke titik-titik lain di Kota Makassar.

Melihat situasi dan kondisi pada beberapa tempat yang sudah pernah dijadikan sebagai lahan penanaman pohon, bibit-bibit yang ditanam dibiarkan tumbuh dengan sendirinya tanpa perawatan. Hingga pada akhirnya mati dengan sendirinya sebelum menjadi sebuah pohon yang kokoh.

Contohnya penanaman bibit pohon di sepanjang jalan Baddoka. Awalnya tumbuh berjejeran di pinggiran jalan dengan baik, Namun hingga saat ini yang didapati hanyalah bibit yang gagal tumbuh bahkan ada yang sampai terkoyak dan rusak.

Hari Sejuta Pohon Sedunia jatuh setiap tanggal 10 Januari

10 Januari bukan hanya sekadar diperingati, tapi harus menjadi salah satu yang mengetuk kesadaran hati kita untuk menggiatkan penanaman pohon di lingkungan sekitar tempat tinggal kita.

Untuk awal, kita bisa menanam dan merawat tumbuhan atau tanaman hias di pekarangan rumah. Ini mampu menggerakkan diri untuk menyukai keberadaan pohon nantinya serta ikut serta dalam merawatnya.

Peringatan hari sejuta pohon memang hanya satu hari dalam setahun. Maka, jadikan satu hari itu menjadi refleksi kita.

Menjadi satu langkah awal untuk berbuat aksi yang lebih baik bagi bumi kita tercinta. Bangun niatan baik dari sekarang, agar anak cucu kita masih bisa menyaksikan keindahan bumi tempat yg mereka tinggali sepanjang hidupnya di dunia.

 

Komentar

Rekomendasi

Kepemimpinan Dalam Islam

Alfatihah untuk Alfatah

SDM Unggul Menuju Masyarakat Madani dalam Perspektif Alquran (3)

SDM Unggul Menuju Masyarakat Madani dalam Perspektif Alquran (2)

Mattoanging Tanpa Kekerasan

Mengapa Montir Motor Tidak Tamat SD Bisa Bikin Pesawat ?

Jangan Jadi Generasi Tidak Cukup Satu

Jatuhnya Pesawat Ukraina oleh Rudal Iran

Warung Kopi Keliling, Kreatifitas di Era Disrupsi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar