Selamat Jalan BJ Habibie, Selamat Temu Kembali dengan Hasri Ainun

Habibie dan Ainun semasa hidup. (Foto : Istimewa)

Terkini.id Tahun 1976, BJ Habibie mendirikan PTDI, industri pesawat terbang pertama di Indonesia. Petang tadi pukul 18.05 WIB, pesawat terakhir itu lepas landas menuju keabadian. Kita semua berduka, baru saja ditinggalkan putra terbaik bangsa. Selamat jalan Eyang, terima kasih untuk karya dan pengabdianmu bagi nusa dan bangsa.

Tak hanya jenius tapi juga romantis. Begitulah kebanyakan kita meyakini. Bagaimana tidak, selain membuat pesawat, BJ Habibie juga lihai membuat kutipan-kutipan cinta pada sang kekasih, Hasri Ainun Besari.

Saya berkeyakinan bahwa Ainun itu diciptakan, dilahirkan, untuk saya, dan saya untuk Ainun.”

Saya tak mampu membayangkan ketika 2010 silam, Ainun berpulang lebih dulu ke haribaan-Nya. Bagaimana BJ Habibie melewati hari dengan mengarungi masa-masa kemarin, menjejaki satu persatu cerita yang lalu lalang di pelupuk, bertanya bagaimana menebus rindu yang terlalu sementara temu sudah tak mungkin.

Walaupun raga telah terpisahkan oleh kematian, namun cinta sejati tetap akan tersimpan abadi di relung hati.”

Yah, dunia dan hal-hal di dalamnya adalah sementara termasuk kisah cinta yang dijalin begitu hebat. Meski berat, kita mesti selalu bersedia diperhadapkan dengan perpisahan. Berpisah untuk kembali temu dalam kehidupan yang kekal.

Dulu saya takut sekali mati, tapi sekarang tidak karena yang pertama menemui saya adalah Ainun”

Besok, BJ Habibie tidak lagi sekadar mengunjungi pusara sang kekasih. Melainkan memilih tinggal di sana. Berbaring bersebelahan dengan seseorang yang berpuluh tahun mengisi ruang-ruang hatinya. Tibalah temu tuntaskan rindu yang membatu.

Perjalanan cinta Ainun dan Habibie menjadi salah satu kisah cinta yang patut dijadikan panutan bagi generasi muda.

Seorang pria tidak akan pernah menjadi seorang pria yang besar, tanpa adanya perempuan hebat di sisinya yang selalu memberi dukungan dan harapan dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil”

Selamat temu kembali, Habibie dan Ainun. Selamat merayakan cinta.