Seluruh Kelurahan di Sulsel Belum Ajukan Pencairan Dana Kelurahan

Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ajiep Padindang. /Nasruddin

Terkini.id — 792 kelurahan di Sulsel hingga saat ini belum mencairkan dana kelurahan. Padahal pemerintah pusat telah menggelontorkan Rp3 triliun untuk kelurahan se-Indonesia dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Sulsel, Ajiep Padindang membenarkan, semua kekurangan di Sulsel belum mencairkan anggaran kelurahan.

Hal itu berdasarkan pemantauannya sebagai Senator DPD, bahkan evaluasi DPD, baru 30 Kabupaten/kota se Indonesia mengajukan pencairan, namun hanya 10 baru cair.

“Ada beberapa faktor pihak kelurahan belum mengajukan pencairan. Kalau mau dicairkan, harus rapat dengan LPM-nya, harus ada Perda atau peraturan kepala daerah. Selain itu staf kelurahan juga minim sekitar 3 sampai 5 orang, sehingga tidak mampu mengurus mekanismenya,” kata Ajiep di Makassar, Jumat 12 April 2019.

Ajiep menghimbau seluruh kelurahan segera mengajukan pencairan sebelum bulan Mei 2019, sebab jika tidak dana tahap pertama tidak akan cair.

“Kalau tidak cair tahap pertama, masih ada tahap kedua. Itu harus diajukan paling lambat 16 Agustus. Kalau tidak diajukan maka tidak cair,” ujar Mantan Legislator DPRD Sulsel ini.

Mengenai alokasi dana kelurahan, lanjut Ajiep, ada tiga kategori. Kategori baik dana kelurahannya Rp352 juta. Kategori perlu ditingkatkan Rp370 juta. Sedangkan kategori sangat perlu ditingkatkan Rp384 juta.

“Dana kelurahan ini diperuntukkan untuk membagun prasarana, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Gowa Raih Swasti Saba Wistara

Terkini.id,Jakarta - Pemerintah Kabupaten Gowa kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, predikat yang diraih sebagai Kabupaten/Kota Sehat  Tahun 2019 dengan penghargaan Swasti Saba