Sembuhkan Sakit Flu dengan Obat Alami Ini

Ilustrasi Sakit Flu (Everyday Health)

Terkini.id, – Memasuki bulan puasa, kondisi tubuh yang tidak terlalu fit mudah sekali terkena sakit flu. Tubuh menjadi tidak nyaman dan pekerjaanpun terganggu. Dalam kondisi tertentu jika tidak kuat bisa membatalkan puasa yang sedang dijalani.

Untuk mengatasi sakit flu, biasanya meminum obat yang dijual bebas dipasaran bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh setelah meminumnya.

Sakit flu bisa diatasi dengan obat dari bahan alami yang mudah di dapat di dapur. Biasanya mereka yang tidak suka obat kimia lebih mengandalkan resep obat alami yang ampuh untuk sembuhkan sakit flu.

Menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, seperti melansir dari hellosehat, bahan-bahan alami ini tidak secara langsung spesifik menyembuhkan flu, karena sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah kuat yang membuktikan bahan alami mampu melawan virus flu.

Tapi tidak memungkiri bahwa zat-zat aktif yang terkandung dalam tanaman alami ini membantu meringankan gejala flu serta melegakan hidung dan tenggorokan.

Berikut ini beberapa bahan alami pereda flu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit flu

1. Minum Air Jahe

Jahe merah bahan efektif yang ampuh menyembuhkan flu dan batuk

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa jahe bisa membantu meredakan mual dan batuk yang sering menyertai sakit flu. Kandungan senyawa anti radang yang dapat melepaskan jaringan di saluran udara sehingga gejala batuk menjadi berkurang dan flu mengikutinya.
Jahe bisa diolah menjadi minuman hangat untuk melegakan tenggorokan.

Ambilah satu ruas jahe ukuran sedang bersihkan, kemudian geprek sampai pipih. Rebus bersama air hingga mendidih. Setelah itu tuang dan minum selagi hangat. Akan menjadi lebih nikmat jika ditambahkan sesendok madu dan perasaan lemon untuk menambah rasa.

2. Minum Air Madu

Madu bahan alami untuk menyembuhkan batuk dan flu

Khasiat madu tidak bisa dipungkiri untuk kecantikan kulit dan untuk kesehatan tubuh. Madu membantu meredakan flu dengan menyembuhkan batuk yang menyertai flu.

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa khasiat madu mirip dengan obat batuk dextromethorphan dan diphenhydramine.

Untuk mendapatkan khasiat madu yang bisa menyembuhkan batuk, bisa dengan menambahkan madu dalam secangkir teh hangat dan tambahkan juga perasan lemon.

Penggunaan madu untuk mengobati flu tidak disarankan untuk anak di bawah usia 1 tahun karena madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang bisa menyebabkan penyakit jika diberikan pada bayi usia di bawah setahun.

3. Berkumur Air Garam

Garam

Garam membantu meredakan gatal di tenggorokan dan hidung tersumbat, karena garam dapat membantu mengurangi dan mengencerkan lendir. Sehingga membantu, bisa bernafas dengan mudah.

Untuk berkumur, ambil setengah sendok teh garam dan masukkan ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu berkumur sambil mengarahkan wajah ke atas untuk mempermudah air garam membersihkan sebagian tenggorokan. Lakukan cara ini beberapa kali sampai kondisi membaik.

Sambil melakukan pengobatan dengan bahan-bahan di atas, beberapa cara mengatasi dan meringankan flu dan membuat lebih cepat sembuh, bisa dilakukan di rumah.

4. Banyak Beristirahat

tidur
Perbanyak istirahat ketika flu melanda

Mengobati flu bisa dengan cara yang mudah, beristirahat memulihkan stamina tubuh setidaknya selama 24 jam setelah demam turun.
Selain meringankan flu, istirahat di rumah akan membuat Anda tidak menyebarkan flu ke lingkungan sekitar.

Beristirahat selama beberapa hari sampai kondisi membaik, diperlukan untuk mempercepat penyembuhan. Tidur akan membantu tubuh meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dan memperkuat daya tahan tubuh.

Jika tidur membuat Anda bosan, bisa habiskan waktu dengan membaca buku kesukaan, mendengarkan musik, nonton film dan bermain game.
Jika memaksa Anda untuk tetap bekerja atau berinteraksi dengan orang lain, gunakan masker supaya tidak menularkan flu pada orang lain.

5. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Banyak minum air putih hangat ketika sedang flu

Anjuran untuk selalu banyak minum air putih sebagai obat untuk menyembuhkan flu dan memulihkan kondisi tubuh adalah sesuatu yang benar dan sering dianjurkan dokter.

Air putih merupakan obat alami untuk membantu mengatasi flu, disarankan untuk mengonsumsinya minimal 8 gelas sehari dan ketika flu harus bisa lebih banyak lagi.

Saat sakit tubuh rentan kekurangan cairan karena demam, pilek, diare membuat jumlah cairan tubuh menjadi berkurang. Kekurangan cairan memperburuk kondisi flu.

Dengan minum air putih sepanjang hari membantu mencegah dehidrasi, mengencerkan lendir yang menyumbat hidung dan tenggorokan serta meringankan gejala penyerta flu lainnya. Selalu minum ketika merasa haus dan penuhi asupan cairan di dalam tubuh selama sakit.

6. Berendam dengan Air Hangat
Selain murah meriah, cara mengatasi flu dengan berendam air hangat akan membuat tubuh menjadi rileks dan membantu melegakan hidung tersumbat. Uap air panas akan membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang menyumbat hidung sehingga bisa bernafas lebih lega.

Jika tidak memungkinkan berendam, lakukan cara ini, ambil wadah untuk air, tuang air panas kemudian letakkan kepala di atas wadah untuk menghirup udaranya. Untuk menjaga uap tidak keluar, pakai handuk kecil untuk menutupi kepala.

Hirup uap dari air panas dan ambil napas dalam-dalam beberapa saat, ulangi sampai pernafasan terasa lega. Akan lebih manjur jika ditambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus.

7. Makan Sup Ayam Hangat

Sup ayam, membantu tubuh meredakan sakit flu dan pilek

Sup ayam hangat membantu meredakan flu dan melegakan hidung dengan cara mencairkan lendir yang menyumbat saluran napas. Khasiatnya juga mengobati bengkak pada saluran pernapasan akibat serangan virus flu.

8. Minum Teh Hangat
Teh hangat juga sangat manjur membantu meredakan gejala flu, melegakan tenggorokan sakit dan mengatasi saluran pernafasan yang tersumbat karena flu.

Makanan dan minuman hangat, wajib dikonsumsi salama flu, karena manfaatnya membantu menyembuhkan flu dengan cepat dan mengatasi dehidrasi.

Tidur dengan Tambahan Bantal
Flu akan membuat sulit untuk tidur, rasanya tidak nyaman. Untuk menyiasatinya beri tambahan bantal ekstra di bawah kepala sehingga posisi kepala menjadi lebih tinggi dari badan.

Cara ini akan meringankan tekanan pada sinus sehingga bisa tidur tanpa sering terbangun di malam hari karena flu.

Komentar
Terkini
Health

Maulina Moli

INILAH wanita paling bahagia saat ini: Maulina. Putri seorang jendral bintang tiga. Ibu seorang anak kecil. Pengusaha tas wanita.Yang membuatnyi sangat happy adalah ini: