Semua Peserta Sosialisasi dan Simulasi CHSE dan MICE Kemenparekraf di Makassar Diswab

Terkini.id, Makassar – Demi melaksanakan protokol kesehatan, semua peserta yang akan mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Simulasi CHSE dan MICE Kemenparekraf Republik Indonesia yang digelar di Novotel Grand Shayla Makassar, Rabu 8 hingga 10 September 2021 harus Diswab antigen terlebih dulu.

Hal ini sudah menjadi ketentuan pelaksanaan kegiatan yang dipatuhi panitia kegiatan dari Sosialisasi dan Simulasi CHSE dan MICE Kemenparekraf.

CHSE adalah singkatan dari Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) dan MICE merupakan singkatan dari Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition.  

Baca Juga: Kasus Covid-19 Turun dan Terkendali, Begini Aturan Event Konser Musik...

Sejak pukul 07:00 WITA, panitia pelaksana dan petugas kesehatan sudah bersedia di dalam sebuah ruangan yang telah disediakan di samping loby hotel yang berlokasi di Jalan Chairil Anwar Kota Makassar itu.

Berdasarkan pantauan terkini.id, di sinilah petugas kesehatan melakukan Swab Antigen kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan Sosialisasi dan Simulasi CHSE dan MICE Kemenparekraf Republik Indonesia, mulai dari panitia, pelaku industri pariwisata, peserta kegiatan dari pemerintah daerah, akademisi, perhotelan, hingga awak media.

Peserta melakukan deteksi virus Covid-19 melalui swab antigen

Baca Juga: Gusar Sikapi Kasus Karantina Rachel, Tiga Menteri Minta Ada Hukuman...

Menurut Masruroh, kegiatan diawali dengan pelaksanaan rapid Test Antigen bagi seluruh peserta, kemudian peserta memasuki venue dengan mengikuti standar protokol kesehatan yaitu membersihkan tangan dengan sanitizer dan diukur suhu tubuh menggunakan standing temperatur scanner. 

Bahkan menurut dia, para peserta juga diberikan merchandise kit berupa hand sanitizer, masker, tissue basah untuk dipakai selama mengikuti kegiatan. 

Kemudian acara dimulai dengan safety briefing, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta Pembacaan Doa.

Baca Juga: Gusar Sikapi Kasus Karantina Rachel, Tiga Menteri Minta Ada Hukuman...

“Kita lakukan ini sebagai upaya penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam acara,”beber Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Masruroh dalam sambutannya.

Pembukaan sosialisasi dan simulasi CHSE dan MICE

“Sejauh ini peserta yang melakukan swab antigen hasilnya negatif atau bebas dari virus Covid-19. Seluruh peserta kegiatan ini negatif semua,”tandasnya. 

Ia juga berharap dengan sosialisasi ini, seluruh industri MICE dapat menerapkan protokol CHSE, sehingga dapat meyakinkan calon pengunjung bahwa Sulawesi Selatan ini dapat menjadi destinasi utama atau prioritas yang siap menerima kunjungan dengan menerapkan protokol CHSE secara ketat.

Bagikan