Serah Terima Jabatan Wakil Dekan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar Periode 2020/2024

Terkini.id, Gowa – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan Serah Terima Jabatan wakil dekan dari periode 2015-2019 ke periode 2020-2024.

Posisi Wakil Dekan I bidang Akademik FDK periode sebelumnya diduduki oleh Dr.H.Misbahuddin, S.Ag, M.Ag., digantikan oleh Dr. Irwan Misbach, S.E.,M.Si. Kemudian posisi Wakil Dekan II bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan FDK periode sebelumnya yaitu Dr. Mahmuddin, M.Ag., digantikan oleh Dr.Hj.Nurlaelah Abbas, Lc.,M.A., dan yang terakhir Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FDK Dr.Nur Syamsiah, M.Pd.I. digantikan oleh Dr.Irwanti Said, M.Pd.

Acara ini diselenggarakan Rabu (18 September 2019) di LT FDK Kampus II UIN Alauddin Makassar dengan suasana santai serta penuh kekeluargaan.

Acara dihadiri oleh Dekan FDK Dr. Firdaus, M.Ag., Kepala Jurusan (Kajur) dan Sekretaris Jurusan (Sekjur), juga staf FDK. Pada acara ini mantan Wakil Dekan (Wadek) I, Dr.H.Misbahuddin, S.Ag., M.Ag., menyampaikan pesan dan kesan selama menjabat mewakili Wadek II dan III.

Kesan para Wadek periode sebelumnya dibawah pimpinan Prof.Dr.H. Musafir Pababbari, M.Si., yaitu bisa menjadi sukses baik dalam hal kegiatan maupun hal penting yang bisa dikembangkan dalam lingkup FDK mereka menetapkan dasar yang sangat kuat tentang kebersamaan dan kekeluargaan yang menjadi modal mereka dalam mencapai kesuksesan.

Adapun pesan dan harapannya kepada pejabat baru untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi Fakultas dan Universitas.

“Kebersamaan dan kekeluargaan dalam membina semua hubungan komunikasi yang lebih baik, interaksi antar pimpinan dan bawahan sehingga ini menjadi modal beliau untuk menjadi sukses baik dalam hal kegiatan maupun hal penting untuk bisa dikembangkan dalam lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Saya berharap kesan itu bisa dikembangkan oleh pimpinan yang berikutnya, sehingga pencapaian prestasi itu bisa lebih lancar,” ujar mantan Wadek I bidang Akademik.

Setelah pesan dan harapan Wadek I periode 2015/2019 dilanjutkan oleh kata sambutan dari Dekan FDK, Dr. Firdaus, M.Ag., dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa acara serah terima bukan hanya sesuatu hal bersifat simbolik, akan tetapi ada serah terima tanggung jawab antar pejabat. Setidaknya harus ada komunikasi antar pejabat lama dan baru yang terkait dengan kinerja dan fungsinya.

“Wadek I bapak Misbachuddin itu memiliki terobosan baru selama menjabat dan hal itu yang harus dikomunikasikan dengan pejabat baru agar terobosan itu tidak terputus di tengah jalan. Kepada Wadek II juga harus berkomunikasi terutama soal serapan anggaran Fakultas kita karena info terakhir yang saya dapatkan dari 3 milyar anggaran fakultas serapan anggaran sudah 1,7 milyar rupiah dan sekarang harus menghabiskan dana sebesar 1,3 milyar hingga Desember nanti. Wadek III juga banyak hal yang harus dipertahankan dan ditingkatkan daam hal prestasi-prestasi yang pernah diraih mahasiswa,” ujarnya.

Beliau juga sempat menyampaikan evaluasi setiap jurusan dalam pembagian Dana BOPTN(Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) 2020 sebagai berikut; Bimbingan Penyuluhan Islam akreditasi B mendapatkan dana sebesar 114 Juta lebih, Ilmu Komunikasi akreditasi B mendapat dana 140 juta lebih, Jurnalistik akreditasi B mendapatkan 121 juta lebih, Komunikasi Penyiaran Islam akreditasi B mendapat 119 juta lebih, Manajemen Dakwah akreditasi A mendapatkan 166 juta lebih, Penyuluhan Masyarakat Islam akreditasi B mendapatkan 116 juta lebih, Manajemen Haji dan Umrah akreditasi C mendapat 38 juta lebih, Kesejahteraan Sosial akreditasi C mendapatkan 26 juta lebih.

“Data ini didasari dari jumlah mahasiswa dan akreditasi jurusan dan ini menjadi tugas dari Wadek II untuk memperjelas revisi anggaran 2020 dengan proses anggarannya dan diharapkan tidak ada jurusan yang mandak kegiatannya dengan alasan tidak memiliki dana keuangan” ujarnya sebelum mengakhiri sambutan.

Citizen Reporter : Sri Ulfa Senong