Seribu khasiat dari ‘Lasuna Kebo’

Lasuna Kebo (bahasa Makassar) sebutan untuk bawang putih memiliki seribu manfaat untuk kesehatan

TERKINI.ID, MAKASSAR – Bawang putih atau Lasuna Kebo (Makassar) ini termasuk bumbu dapur yang sangat populer di Asia. Bawang putih memberi rasa harum yang khas pada masakan, sekaligus menurunkan kadar kolesterol yang terkandung dalam bahan makanan yang mengandung lemak.

Bawang putih telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Bahkan 3000 tahun SM, para pujangga Cina telah menguji dan menulis manfaat bawang putih. Cendekiawan Yunani kuno Aristoteles juga telah menguji bawang putih pada tahun 335 SM untuk digunakan sebagai pengobatan.

Tulisan Mesir kuno mencatat bahwa bawang putih diberikan pada para pekerja yang membangun piramida untuk menjaga mereka agar tetap kuat dan sehat. Orang Rusia menjadikan bawang putih sebagai “ganti antibiotic” dan dikenal sebagai “Penisilin Rusia” karena dipercaya mengandung 1/10 kebaikan penisilin.

Manfaat bawang putih bagi kesehatan sudah sangat populer di tengah masyarakat sejak zaman dulu. Selain sebagai pendongkrak stamina seks, kini dapat dipastikan bawang putih juga mampu menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, serta meredakan insomnia. Juga mampu memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, ketidakseimbangan kolesterol dan kanker.

1. Bawang Putih untuk Flu dan Batuk

Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucosa di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah Anda merasa sakit atau tambahkan bawang putih pada masakan.

Baca :Khasiat bawang putih mencegah kanker paru-paru dan menghilangkan kutil

2. Bawang Putih dan Kolesterol
Hasil penelitian menunjukkan herbal berbahan bawang putih menurunkan 11% kolesterol, 10% LDL, 34% trigliserida, dan tanpa efek apa pun terhadap nilai HDL.

3. Bawang Putih dan Kanker
Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker. Bebera-pa penelitian epidemiologis menunjukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih lebih rendah resikonya terkena kanker perut dan usus besar.

4. Sebagai Penyembuh Wasir
Pertama bersihkan dulu daerah anus dan sekitarnya dengan air hangat dan sabun, oleskan jus/beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan, tunggu beberapa menit lalu bersihkan.

5. Meningkatkan Stamina
Setelah dikaji secara mendalam, ternyata bawang putih dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi. Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina mereka dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama. Caranya, bisa kita campurkan dalam olahan masakan kita dan menelannya.

Baca :Ampuhnya obat sakit gigi dari tumbuhan ini, buktikan khasiatnya

6. Bawang Putih dan Diabetes

Sebagai obat diabetes, bawang putih bisa dikonsumsi setiap hari. Penggunaannya bisa dibuat sambal kecap dengan diiris-iris bersama bawang merah dan cabe untuk teman makan nasi. Atau dimemarkan dan diseduh dengan air panas sebanyak setengah gelas dan selanjutnya diblender atau dijus. Bisa juga diparut, kemudian diseduh air panas lalu diminum setelah hangat berikut ampas-ampasnya.

Kiat Memilih Bawang Putih

Bagaimana memilih bawang yang baik? Varietas apapun yang Anda beli, pilihlah yang umbinya mulus dan kulitnya masih kering. Umbi yang siungnya kecil, aromanya lebih kuat. Dalam keadaan kering, bawang putih tahan disimpan berbulan-bulan, asal disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jangan disimpan di lemari es, karena akan tumbuh daun. Jika udara terlalu panas, bawang putih akan cepat mengkerut dan berbubuk abu-abu.