Sering Diabaikan, 3 Bahaya Mengerikan Jika Malas Minum Air Putih

Air putih
Ilustrasi minum air putih

Terkini.id – Kebiasaan meminum air putih kadang disepelekan banyak orang. Banyak dari kita menganggap hal itu tidaklah terlalu berpengaruh pada kesehatan.

Namun jangan salah, ternyata banyak dampak fatal apabila Anda malas minum air putih. Meskipun Anda sering tidak merasa haus, tapi sebaiknya Anda tetap membiasakan diri minum air putih.

Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.

Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit.

Menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, meski kebutuhan air tiap orang berbeda, namun semua orang dewasa harus mengusahakan tubuhnya mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) .

Berikut bahaya mengerikan jika Anda malas minum air putih.

1. Otak tidak bisa berfungsi normal lagi.

Air Putih
Minum Air Putih. (sumber foto : hellosehat.com)

Komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.

2. Otak menciut.

minum air
Ilustrasi gelas air putih. (foto: airbaros.com)

Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.

3. Infeksi kandung kemih.

Air Putih
Sumber foto : sehatfresh.com

Rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum.

Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar
Health

Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Terkini.id, - Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di
Health

Hasil Penelitian, Gemuk Itu Bisa Menular

Terkini.id - Anda yang berada di sekeliling teman yang gemuk, perlu membaca hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.Peneliti