Sering diabaikan, 4 hal kecil ini ‘haram’ dilakukan saat mengisi BBM

Sering diabaikan, 4 hal kecil ini 'haram' dilakukan saat mengisi BBM. (foto/salisma.com)

Terkini.id, – Mengisi Bahan Bakar Minyak atau BBM merupakan hal yang sering dilakukan oleh pengemudi kendaran. Tapi, terkadang walaupun orang-orang sudah sering melakukan pengisian BBM, mereka jarang sekali menaati peraturan yang ada.

Seperti yang kita ketahui, setiap pom bensin pasti mengeluarkan beberapa aturan untuk keselamatan para pengguna kendaraan. Namun, hal itu terkadang diabaikan pengendara.

Dilansir dari boombastis.com, berikut 4 hal yang tidak boleh diabaikan saat anda mengisi bahan bakar bensin di Pom Bensin.

1. Merokok di area Pom Bensin

(foto/blogspot.com)

Beberapa orang terkadang malas untuk mematikan rokoknya pada saat memasuki area pom bensin. Sebab mereka menganggap tidak akan terjadi apa-apa kalau merokok hanya sebentar saja di sekitar area pom bensin, yang penting tidak dekat dengan tangki pengisian bensin.

Padahal, kebakaran yang ditimbulkan oleh rokok tidak tergantung seberapa lama di sana. Tapi bisa terjadi kapan saja karena rokok dapat menyulut api di sekitar area pom bensin.

2. Menggunakan ponsel saat mengisi bensin

(foto/wp-content)

Untuk aturan yang satu ini cukup banyak juga yang melanggar. Peraturan tersebut adalah menggunakan ponsel pada saat berada di pom bensin. Banyak sekali yang tidak paham mengapa di area pom bensin dilarang menggunakan ponsel.

Baca :Harga BBM jenis pertalite mendadak naik, warga kaget

Ternyata penyebabnya adalah suhu panas yang dihasilkan oleh ponsel dapat memicu timbulnya api. Selain itu, dikhawatirkan orang-orang yang menggunakan handphone tidak fokus jika ada bahaya di sekitarnya.

3. Mengisi bensin terlalu penuh

(foto/blogspot.com)

Banyak orang yang mengisi bahan bakarnya penuh sampai keluar dari tangki. Mereka menganggap kalau ini adalah hal yang biasa dan bisa irit sampai beberapa hari. Namun, mengisi bahan bakar terlalu penuh juga tidaklah baik. Sebab, BBM dapat tumpah dan tercecer di lantai.

Nah, tetesan bahan bakar tersebut bisa menjadi pemicu timbulnya api. Tapi selain itu ada alasan lainnya juga, tangki BBM tidak boleh diisi penuh karena adanya lubang hawa.

Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM. Kalau seluruh tangki dipenuhi dengan bensin, gas yang timbul karena ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga terbuang percuma.

4. Mesin tetap menyala pada saat pengisian

(foto/mobil123.com)

Sudah tidak asing lagi kalau pom bensin mengeluarkan aturan untuk mematikan mesin kendaraan pada waktu mengisi bahan bakar. Peraturan tersebut dibuat bukan karena tanpa sebab.

Baca :Dibajak, akun BBM wartawan Metro TV minta uang

Hal ini dikarenakan ketika mesin kendaraan menyala, banyak aliran listrik yang mengalir, sehingga dapat mengakibatkan kendaraan anda meledak dengan seketika.