Sering Dilakukan, Ini Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Sebabkan Kanker

Kebiasaan Tidur
Ilustrasi kebiasaan sebelum tidur. (foto: go-dok.com)

Terkini.id – Pemicu kanker menjadi suatu hal yang semestinya diperhatikan setiap orang, mengingat belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit mematikan ini.

Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit kanker menjadi alasan kedua penyebab kematian global, dengan 9,6 juta kematian terjadi sepanjang 2018.

Dengan kata lain, 1 dari 6 orang meninggal dunia akibat kanker. Selain itu, sekitar 70% penyakit kanker dialami masyarakat di negara berkembang.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui faktor pemicu yang meningkatkan peluang terkena kanker. Misalnya, kebiasaan yang sering kita lakukan sebelum tidur.

Apa saja kebiasaan tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut aktivitas sebelum tidur yang berpotensi menyebabkan penyakit kanker.

1. Memainkan Smartphone

Kebiasaan Tidur
Ilustrasi main HP sebelum tidur. (foto: kompas.com)

Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa menggunakan perangkat elektronik, atau menonton televisi sebelum tidur dapat mengganggu tidur kamu.

Robert Rosenberg, DO, penulis Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, merekomendasikan agar menjauhkan perangkat elektronik seperti smartphone dari diri kita satu jam menjelang tidur agar tidur kamu lebih sehat, dan berkualitas.

Memainkan smartphone ketika hendak tidur juga akan merusak kesehatan mata kamu lho, jadi jangan sampai menggunakan smartphone sampai tengah malam ya ladies, tidurlah yang cukup agar kesehatanmu tetap terjaga.

2. Makan malam tidak teratur

Kebiasaan Tidur
Makan malam. (foto: hellosehat.com)

Sebuah studi mengeluarkan hasil penelitian yang mengejutkan, ternyata jam makan malam seseorang memiliki kaitan erat dengan risiko terkena kanker.

Kebiasaan makan malam di waktu larut akan membawa Anda pada dua jenis kanker, yaitu kanker prostat bagi pria dan kanker payudara untuk wanita. Untuk itu, sebaiknya Anda memerhatikan dengan cermat dan usahakan memiliki jam makan teratur setiap harinya.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer, seseorang yang menyantap makan malam sebelum jam 9 malam, risiko terkena kanker akan berkurang 20% dibandingkan dengan yang terlambat makan lalu langsung tidur setelahnya.

3. Minum obat suplemen sebelum tidur

Kebiasaan Tidur
Minum obat sebelum tidur. (foto: okezone.com)

Jika kamu adalah salah satu orang yang sering mengkonsumsi suplemen kesehatan setiap hari, maka kamu harus menguranginya ketika menjelang jam tidur.

Menurut sebuah penelitian ada beberapa obat yang tidak baik dikonsumsi ketika menjelang tidur karena dapat mengganggu pencernaan ketika kamu tertidur.

Pil tidur biasanya menjadi alternatif untuk seseorang yang memiliki gangguan tidur, namun penggunaan obat-obatan ini juga harus dibatasi agar tidak terjadi dampak yang buruk seperti ketergantungan. Mulailah menggunakan pola tidur yang baik, dan hindari obat-obatan yang tidak terlalu diperlukan.

4. Tidur dengan lampu menyala

Kebiasaan Tidur
Ilustrasi tidur dengan lampu menyala. (foto: inakoran.com)

Mungkin tak semua orang biasa melakukan hal ini, namun faktanya tidur dengan kondisi lampu menyala semalaman juga menjadi pemicu kanker lainnya.

Penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Epidemology pada 1987, disebutkan bahwa sinar lampu yang menyala akan memengaruhi hormon melatonin dalam tubuh.

Melatonin adalah hormon antioksidan, yang efektif melawan sel kanker berkembang dalam tubuh. Anda harus tahu bahwa hormon ini dikenal sebagai hormon ‘kegelapan’ karena diproduksi saat gelap.

“Ini (melatonin) membutuhkan kegelapan dan memengaruhi produksi hormon estrogen. Estrogen yang terlalu banyak akan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita,” ungkap Dr. Richard G. Stevens, ahli epidemiologi kanker di Pusat  Kesehatan Universitas Connecticut.

Komentar
Terkini
Cantik

Cara Ampuh Atasi Jerawat dalam Semalam

Terkini.id, - Jerawat yang muncul tiba-tiba di wajah sangat mengganggu, selain terasa sakit, juga membuat kepercayaan diri hilang. Akan terasa panik jika jerawat munculnya