Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan di Tempat Tidur yang Ternyata Buruk Untuk Kesehatan

kebiasaan buruk
Kebiasaan di tempat tidur yang ternyata buruk untuk kesehatan. (foto: catatansigoiq.com)

Terkini.id – Kasur atau tempat tidur tidak hanya dijadikan tempat untuk beristirahat saja. Dalam realitanya, kita bisa melakukan banyak hal di atas tempat tidur. Mengobrol, menulis, memainkan gadget, hingga makan terkadang juga bisa dilakukan di atas kasur.

Masalahnya adalah, kebiasaan-kebiasaan yang sering dianggap sepele ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan melakukan aktivitas di atas tempat tidur demi mencegah datangnya masalah kesehatan. Dilansir dari doktersehat.com, berikut 5 kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan di atas tempat tidur.

1. Memainkan Ponsel

kebiasaan buruk
Main ponsel di atas tempat tidur. (foto: grid.id)

Banyak orang yang dengan santai memainkan ponsel di atas kasur, termasuk sebelum tidur malam. Memang, hal ini cukup menyenangkan untuk dilakukan karena bisa membuat kita mengecek media sosial atau bercanda dengan teman melalui aplikasi percakapan, namun menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini bisa membuat kita susah tidur.

Sebagaimana televisi, paparan layar ponsel akan mengganggu produksi hormon melatonin dan mengganggu ritme sirkadian. Kita akan tidak mudah mengantuk dan semakin tertarik untuk memainkan ponsel meski sudah larut malam.

Jika kita menempatkan ponsel di atas kasur atau dekat dengan kasur saat tidur malam, radiasi elektromagnetiknya juga dikhawatirkan akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, termasuk dalam hal meningkatkan risiko berbagai macam penyakit.

2. Bekerja

kebiasaan buruk
Ilustrasi bekerja di atas kasur. (foto: palingseru.com)

Banyak orang yang memilih untuk menyelesaikan pekerjaan di atas kasur agar bisa segera beristirahat setelah menyelesaikannya. Sayangnya, hal ini justru akan membuat kita lebih rentan terkena insomnia.

Selain itu, kotoran dari kertas atau komputer yang kita tempatkan di atas kasur juga akan membuat kasur kita kotor, dipenuhi jamur, atau bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

3. Menonton Televisi

kebiasaan buruk
Nonton televisi di atas kasur. (foto: riauaktual.com)

Banyak orang yang sengaja menempatkan televisi di dalam kamar tidur sehingga membuatnya lebih mudah untuk dilihat sambil bersantai di atas kasur. Ide ini sepertinya memang cukup menyenangkan untuk dilakukan, bukan? Sayangnya, pakar kesehatan menyebut menonton televisi di atas kasur kurang bijak untuk dilakukan.

Meski bisa membuat kita menonton televisi sebelum tidur atau menemani waktu tidur malam jika kita sedang sendiri, kebiasaan ini justru akan membuat kita mengalami gangguan tidur.

Paparan layar televisi ternyata bisa mempengaruhi keseimbangan hormon melatonin yang mempengaruhi kualitas tidur kita.

Jika kita menyalakan televisi sebelum tidur, maka produksi hormon ini akan terganggu sehingga akan membuat kita tidak kunjung mengantuk.

Jika kita menyalakannya sambil tidur, kita juga tidak akan bisa tidur dengan nyenyak, sering terbangun, atau bahkan tidak mampu memejamkan mata kembali. Saat bangun tidur, tubuh tentu akan terasa tidak fit dan kurang bugar.

Menempatkan televisi di kamar tidur juga akan membuat kita cenderung malas bergerak dalam waktu yang lama. Padahal, kurang gerak bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan lain-lain.

4. Bertengkar

kebiasaan buruk
Ilustrasi bertengkar di atas tempat tidur. (foto: hellosehat.com)

Berbincang-bincang dengan pasangan sebelum tidur memang baik untuk dilakukan, namun jika sampai bertengkar, kita justru akan mengalami stres dan akhirnya menyebabkan gangguan tidur. Hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kebugaran dan kesehatan tubuh.

5. Makan

kebiasaan buruk
Makan di atas kasur. (foto: dreamers.id)

Meskipun kita sedang benar-benar malas atau ingin bersantai, sebaiknya memang jangan makan atau ngemil di atas kasur. Hal ini disebabkan oleh remah-remah makanan yang akan jatuh di atas kasur, bantal, guling, atau selimut.

Remah-remah ini akan mengundang kecoa, semut, atau serangga-serangga lain yang bisa saja menggigiti kita saat tidur dan akhirnya mengganggu waktu tidur kita.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Health

Sembuhkan Sakit Flu dengan Obat Alami Ini

Terkini.id, - Memasuki bulan puasa, kondisi tubuh yang tidak terlalu fit mudah sekali terkena sakit flu. Tubuh menjadi tidak nyaman dan pekerjaanpun terganggu. Dalam