Sering Disepelekan, Ini Bahaya Fatal Jika Menggosok Gigi Setelah Makan

Menggosok Gigi
Ilustrasi menggosok gigi

Terkini.id – Rajin membersihkan gigi adalah salah satu cara menjaga kesehatan gigi kita. Gigi bisa rusak akibat sisa-sisa makanan yang dibiarkan begitu lama.

Namun jika kita lantas menggosok gigi sesudah makan ternyata berbahaya dan bisa merusak gigi kita serta-merta. Alasannya, gigi bisa lebih cepat keropos apabila menggosok gigi dalam waktu kurang dari satu jam sesudah makan.

Hal ini dinyatakan oleh para dokter di Inggris, dikarenakan makanan mengandungi zat asam yang akan mulai membakar lapisan di bawah enamel gigi, yaitu dentin, saat kamu sudah makan.

Olehnya itu, menyikat gigi saat sesudah makan pasti akan menyebabkan keroposan gigi lebih cepat dari waktu alaminya, dan zat asam semakin masuk ke dalam dentim lalu merusakkan gigi dalam waktu yang sangat cepat.

Setelah minum beralkohol atau minum kopi, Anda juga dilarang menggosok gigi dikarenakan alasan yang sama.

Gigi
Ilustrasi sikat gigi setelah makan

Dr Howard R Gamble selaku pemimpin the Academy of General Dentistry di dalam sebuah wawancara di New York Times mengatakan, dengan menggosok gigi, sebenarnya Anda malah menelan zat asam dari minuman dan makanan yang baru Anda konsumsi. Dan zat asam itu akan semakin dalam memasuki enamel maupun dentin gigi Anda.

Baca :Hati-hati, Ini Bahaya Mengerikan Jika Kamu Langsung Mandi Setelah Begadang

Setelah makan, Anda dianjurkan untuk menunggu sekitar 30 menit. Dalam waktu ini, gigi akan membina perlindungan alaminya sehingga zat asam yang masuk ke dentin tidak akan terpengaruh saat Anda menggosok gigi.