Sering diterapkan merawat baterai smartphone begini malah merusak baterai

Menerapkan kebiasaan merawat baterai smartphone ternyata sering salah kaprah. Gambar : TribunNews

Terkini.id, – Di zaman modern seperti saat ini, smartphone sudah dapat dikategorikan sebagai kebutuhan bagi setiap orang, baik dari kalangan muda hingga dewasa. Pentingnya kegunaan smartphone bagi kehidupan manusia saat ini sudah tidak diragukan lagi. Banyak pekerjaan yang dapat menjadi jauh lebih mudah dengan keberadaan benda yang satu ini di sisi anda, seperti menghubungi orang yang jauh, transfer data, transfer uang, menyimpan file digital, sarana pembelajaran, dan lain-lain.

Namun, bagaimana jika hal-hal penting yang telah anda simpan dengan baik di gadget anda sirna tanpa jejak? Hal ini dapat terjadi karena kesalahan yang sering diterapkan saat merawat smartphone anda yang ternyata merusak benda satu ini.

Kerusakan pada smartphone adalah hal yang lazim terjadi, tetapi alangkah baiknya jika anda bisa menjaga keawetan benda multifungsi yang satu ini sehingga jangka waktu penggunaannya bisa menjadi lebih lama sehingga tidak perlu repot untuk mengganti
smartphone dan memindahkan semua data penting yang anda miliki.

Banyak faktor yang perlu anda rawat, salah satunya yang terpenting adalah baterai. Baterai merupakan ‘nyawa’ dari
telepon genggam. Kebanyakan orang berusaha menjaga keawetan baterai mereka, namun salah dalam melakukannya dan dampaknya menjadi lebih buruk.

Berikut ini adalah cara merawat baterai yang benar agar jangka waktu hidupnya lebih panjang menurut informasi yang dilansir
dari JurnalWeb dan JalanTikus.

1. Berhemat dalam Penggunaan Energi

Energi Saving Mode. Gambar : Look Human

Banyak hal yang dapat dilakukan namun diabaikan untuk menjaga penggunaan energi smartphone atau yang lebih sering disebut Energy Saving Mode. Atur kecerahan (brightness) anda menjadi rendah dan matikan fitur otomatis kecerahannya. Matikan GPS, Bluetooth, WiFi, dan koneksi lain yang sedang tidak digunakan. Penggunaan Wi-Fi lebih menghemat baterai dari pada penggunaan paket data karena smartphone tidak perlu terlalu banyak mencari sinyal internet. Ingat juga untuk selalu menghentikan kerja aplikasi dan mengunci ponsel jika sudah tidak digunakan.

2. Jangan Sampai Baterai Terlalu Penuh
Mengisi baterai sampai penuh sering dilakukan kebanyakan orang, terutama pengguna yang baru saja membeli smartphone baru. Sebenarnya hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Hal yang terjadi ketika baterai handphone penuh adalah sel baterai tertekan dengan pengisian daya berlebih sehingga ketahanan baterai menurun secara perlahan.

3. Jangan Sampai Baterai Terlalu Kosong
Terlalu penuh tidak baik, namun terlalu kosong juga membuat keawetan baterai menurun dari waktu demi waktu. Maka dari itu, lebih baik bila anda dapat mengisi daya baterai secara bertahap. Contohnya, pengisian dari 30 persen ke 60 persen lalu istirahatkan dari pengisian daya. Setelah diistirahatkan selama beberapa menit, lanjutkan pengisian hingga kurang dari 80 persen.

4. Jauhkan dari Suhu Ekstrim

Jauhkan smartphone dari suhu ekstrim. Gambar : Jalan Tikus

Jika anda pernah meletakkan smartphone anda di kulkas karena terasa panas setelah prosesornya menjalankan aplikasi yang berat, sebaiknya jangan diulangi lagi. Ketahanan baterai dapat berkurang secara signifikan jika diletakkan dalam suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, yaitu dapat berkurang sebanyak 80 persen.

5. Jangan Biarkan Baterai Kosong Terlalu Lama
Sel baterai harus selalu bekerja agar jangka waktu aktifnya lebih panjang. Istilahnya, baterai yang kosong itu seperti seseorang yang sekarat dan jika dibiarkan akan mati. Jika suatu kondisi membuat anda tidak dapat mengisi daya dan baterai anda menjadi kosong, usahakan jangan terlalu lama dibiarkan.

6. Power Bank dapat menjadi Solusi
Power Bank adalah alat yang tepat untuk melakukan pengisian bertahap. Benda yang satu ini adalah jawaban dari permasalahan anda yang sering bepergian dan sulit untuk merawat keawetan baterai di luar rumah.

7. Baterai Tidak Abadi

Baterai smartphone bukan mahluk mitologi, jadi pasti harus diganti. Gambar : Mythology

Baterai bukan makhluk mitologi seperti Phoenix yang hidup abadi. Secara alami, efisiensi baterai akan berkurang sebanyak 20 persen setiap tahunnya. Walaupun anda sudah merawat dengan benar, ingatlah bahwa baterai juga memiliki umur dan pasti akan mati. Jika hal ini terjadi, anda perlu membeli baterai yang baru agar smartphone anda tidak menjadi hal berikutnya yang mati.

Hal apa yang selama ini anda selalu terapkan untuk menjaga ketahanan baterai namun ternyata merusak baterai Anda?

Bagikan pengalaman anda di kolom komentar di bawah ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini