Sering Padat Pengunjung, Rutan Kelas I Makassar Optimalkan Layanan Drive THRU

Terkini.id, Makassar – Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Klas I Makassar, Darmansyah bersama Kepala Sub Seksi Administrasi dan Perawatan, Nelman menggelar briefing bersama Petugas Layanan Drive Thru (penitipan barang) di Loket Pendaftaran Kunjungan. Selasa, 26 Januari 2021.

Briefing yang digelar usai apel pagi, merupakan kegiatan rutin yang digelar sebagai bagian dari evaluasi layanan drive thru selama ini. Membuka kegiatan, Darmansyah meminta masukan serta koreksi untuk perbaikan layanan drive thru dari seluruh petugas yang hadir. 

“Di tengah pandemi yang berkepanjangan, layanan drive thru menjadi layanan yang paling diminati masyarakat, mengingat layanan kunjungan hingga saat ini belum dibuka. Untuk itu perlu evaluasi, melalui kesempatan ini diminta kepada seluruh petugas untuk menyampaikan kendala yang sering dihadapi di lapangan,” ujar Darmansyah sembari mempersilahkan peserta briefing. 

Menanggapi hal tersebut, Sitti Hafsarita salah seorang koordinator tim layanan drive thru memberi masukan mulai dari penataan area parkir, penitipan uang hingga pengaturan jarak antar pengunjung. 

Mungkin Anda menyukai ini:

“Salah satu yang menjadi tantangan juga adalah antusiasme masyarakat di tengah Pandemi. Untuk itu ada baiknya, layanan penitipan uang dan barang di bagi dalam lokasi yang berbeda, sehingga bisa membagi antrian pengunjung,” ujarnya antusias. 

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha, Tahanan Rutan Makassar Disiapkan Bilik Virtual...

Usai mendengar tiap masukan dari seluruh peserta briefing, Darmansyah menegaskan akan segera menindaklanjuti sekaligus mempertimbangkan sebagai bahan evaluasi ke pimpinan. 

“Untuk layanan penitipan uang, akan dikoordinasikan ke pihak ketiga, dalam hal ini Jeera sebagai penyedia layanan. Yang pasti tentu kita akan terus lakukan perbaikan layanan kedepan. Terlepas dari itu semua, saya ucapkan terima kasih atas saran dan masukan bapak dan ibu semua. Insya Allah secepatnya akan saya koordinasikan dengan pimpinan,” ujarnya seraya menutup briefing.

Rekayasa Alur LDR yang Baru 

USAI rapat evaluasi bersama petugas Layanan Drive Thru (LDR), Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darman Syah langsung meninjau lokasi LDR untuk merekayasa alur yang baru. Ia menyebut, perubahan alur diharapkan bisa mengurangi masalah yang sering timbul di lapangan. 

“Kendala utamanya adalah kemacetan karena kepadatan pengguna layanan drive thru, terutama di sore hari,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Darman Syah berkoordinasi langsung dengan pihak ketiga, Jeera selaku pelaksana penerimaan uang tunai melalui Brizzy. 

“Tempatnya dipindahkan ke alur paling depan, alur sebelumnya menitip barang dulu baru menitip uang. Nah untuk menghindari kemacetan diubah menjadi layanan paling depan. Jadi nitip uang dulu baru nitip barang,” jelasnya kepada pihak Jeera dan petugas parkir. 

Menanggapi hal tersebut, Marco selaku Koordinator Jeera mengakomodir pernyataan Kepala Seksi Pelayanan Tahanan. 

“Kami sangat setuju dan mendukung penuh. Terkait perubahan tempat, hari ini bisa langsung dipraktekkan sekaligus sosialisasi kepada pengunjung juga. Terkait sarana prasarana akan dilengkapi sesuai kebutuhan,” tegasnya mendukung program pelayanan publik di Rutan Makassar.

Bagikan