Serunya Adventure Park ala Wisata Kebun Malino

Wisata Kebun Malino
Serunya Adventure Park ala Wisata Kebun Malino

Terkini.id – Ini bukan sembarang kebun. Selain buah-buahan dan tanaman, kebun ini juga dilengkapi dengan kolam renang, tempat mancing, restaurant hingga penginapan.

Siapa yang tidak kenal dengan Malino? Kota sejuk di Kabupaten Gowa yang berjarak 90 km dari arah selatan Kota Makassar ini masih menjadi salah satu alternatif tempat liburan yang sering dikunjungi oleh warga lokal maupun pendatang.

Keadaan alamnya sangat alami, bebas polusi dengan udara yang bersih, cukup menarik minat pengunjung. Bukan tanpa alasan bila Makassar Terkini (terkini.id) menurunkan artikel traveling yang agak berbeda kali ini.

Wisata Kebun Malino
Wisata Kebun Malino

Lokasi Tersembunyi

Perjalanan dai Makassar ke Malino yang memakan waktu dua jam lamanya dengan jalur transportasi yang terkadang kurang kondusif, masih dikeluhkna masyarakat.

Hal inilah yang kadang membuat beberapa pengunjung mengurungkan niat untuk berlibur ke Malino. Namun bagi yang sudah terlanjur menjadwalkan Malino sebagai destinasi wisata bulan ini, tapi terkendala dengan masalah tadi, tidak perlu beralih ke destinasi wisata lainnya dulu.

Tetaplah arahkan kenderaan anda ke Malino, tetapi berhentilah di seperempat jalan menuju Malino tadi, tepatnya di Desa Pakatto, Kecamatan Bonto Marannu.

Dari aspek akses masuk menuju lokasi wisata ini saja sudah menimbulkan rasa ingin tahu setiap pengunjung, karena lokasinya yang agak tersembunyi. Hanya papan nama bertuliskan “WISATA KEBUN” yang menjadi patokan dan jalan masuknya pun hanya muat untuk satu mobil saja.

Setelah berjalan beberapa meter, akan dijumpai sebuah tempat yang sangat menarik. Hawa sejuk segera menyergap begitu memasuki kawasan wisata kebun yang cukup luas ini.

Wisata Kebun Malino
Wisata Kebun Malino

Panorama tumbuhan hijau cukup mendominasi dengan kerindangan pohon-pohonnya yang rimbun, walau terlihat dari luar area ini dipagari dengan jaring kawat dan beberapa patung hewan.

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp10.000 untuk Selasa hingga Sabtu dan Rp20.000 untuk hari Minggu, pengunjung sudah bisa menikmati paket wisata lengkap di tempat ini.

Menurut Rico Wahyudi Chandra, Assistant Manager Wisata Kebun, tempat wisata ini sudah berdiri sejak bulan Julil 2008.

Awalnya memang diperuntukkan hanya untuk kalangan keluarga sang owner dan para outing. Namun setelah dipikir-pikir, mengapa tidak diinvestasikan saja dan dibuka untuk umum.

“Dengan membuat tempat ini menjadi tempat wisata, berarti kami juga diperluas lapangan kerja bagi penduduk daerah sini. Selain itu, kami juga ikut berpartisipasi dalam program “Go Green” yang dicadangkan pemerintah, karena pemilik wisata kebun ini memang hobi berkebun,” jelas Rico yang telah menunggu kedatangan terkini.id di salah sudut restaurant di area wisata kebun tersebut.

Wisata Kebun Malino
Wisata Kebun Malino

Paduan Rekreasi dan Pengetahuan

Wisata kebun seluas hampir 1 hektar ini dilengkapi dengan sarana hiburan wisata lainnya, seperti kolam renang untuk dewasa dengan ukuran panjang 25 meter, lebar 10 meter dan kedalaman 160 centimeter, serta kolam renang anak-anak yang lebih dangkal.

Ada pula restaurant dengan konsep alam terbuka terbuka yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman. Restaurant ini bisa pula difungsikan sebagai aula yang dapat memuat sekitar 100 kursi.

Selain itu, tersedia juga arena mancing yang terdiri atas dua kolam seluas 4×4 meter yang dikelilingi delapan gazebo bernuansa oriental nan nyaman.

Untuk menjajal kemampuan memancing, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 untuk menyewa alat pancing yang dapat digunakan sepuasnya hingga umpan habis.

Menariknya, ikan hasil pancingan bisa dibawa pulang dengan membayar Rp30.000 sampai Rp40.000 untuk satu kilogram. Bila ingin dimasak di tempat, maka pengunjung hanya perlu membayar Rp5.000 saja.

Dekat area pemancingan, pengelola menyediakan tempat bermain untuk anak-anak seperti di mall, yang menggunakan koin setiap kali ingin menggunakan fasilitas bermain. Ada lima koin yang disiapkan untuk bermain, yang harganya per koinnya Rp1.000.

Wisata Kebun Malino
Wisata Kebun Malino

Setiap pengunjung yang ingin membeli ole-ole, tidak perlu khawatir karena di tempat wisata ini pula dijual aneka suvenir, mulai dari aksesoris wanita hingga baju kaos khas dengan harga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Salah satu acara andalan yang cukup digemari untuk melengkapi suasana liburan, yaitu menelusuri area wisata kebun dengan sepeda yang disewakan mulai Rp1.000 hingga Rp5.000.

Setelah puas menikmati hiburan di wisata kebun, pengunjung dapat beristirahat di kamar-kamar yang sudah tersedia dengan kenyamanan fasilitas. Harganya berkisar antara Rp250.000 hingga Rp500.000.

Di samping sarat dengan berbagai sarana hiburan, tempat ini juga menyediakan sesuatu yang menarik. Jika pengunjung datang tepat saat musim buah, maka pengunjung dapat menikmati acara petik buah, seperti rambutan, lengkeng, mangga, beragam jenis belimbing, jambu, delima, durian, dan sebagainya.

Bagi penggemar tananam, tempat ini tidak sekedar hanya menyediakan berbagai jenis tanaman dan bibitnya, seperti kamboja, adenium, bougenvila dan aneka jenis lainnya dengan harga spesial, tetapi pengunjung juga akan mendapat pengetahuan langsung mengenai tananam dan buah-buahan di sana. Jika anda ingin mengambil momen ini, geserlah agenda anda yang lain.

Penulis : Ambun Bara Allo

Berita Terkait
Komentar
Terkini