Serunya Karnaval Festival Pinisi Bulukumba, Tampilkan Kostum Unik

Karnaval Festival Pinisi Bulukumba

Terkini.id, Bulukumba – Salah satu rangkaian dari Festival Pinisi di Bulukumba, Jumat, 14 September 2018, adalah Karnaval Festival Pinisi yang dibuka di Masjid Islamic Center Dato Tiro kemudian dilanjutkan dengan long march ke Lapangan Pemuda Bulukumba.

Karnaval ini diikuti ribuan orang dari 10 Kecamatan dan seluruh OPD, Mahasiswa, dan juga seluruh pelajar tingkat menengah atas.

Dalam karnaval ini para peserta memakai kostum yang unik seperti memakai kostum adat daerah, kostum berbagai profesi, kostum dari bahan daur ulang sampah plastik, juga melakukan pertunjukan saat long march.

Setiap peserta juga menunjukkan ciri khasnya seperti di Dinas Sosial di mana para pesertanya ada yang berpakaian compang camping seperti pengemis dan juga berpakaian layaknya orang yang menderita kelainan jiwa. Kostum tersebut bermakna bahwa Dinas Sosial merupakan wadah bagi orang-orang yang memiliki masalah sosial.

Karnaval Festival Pinisi Bulukumba

Peserta lain juga demikian, seperti halnya Dinas Lingkungan Hidup yang berkostum dari bahan daur ulang sampah plastik sambil membawa tulisan “jangan buang sampah”.

Baca :Jalan Poros Bulukumba Macet Parah Akibat Karnaval Festival Pinisi

Kemudian ada juga peserta dari tiap kecamatan yang membawa hasil buminya, yang menceritakan di daerahnya merupakan tempat yang subur dan memiliki hasil bumi yang melimpah.

Keunikan para peserta ini menjadi hiburan para penonton di sepanjang jalan. Mereka tak henti-hentinya tertawa dan meneriaki para peserta.

Kadis Pariwisata Bulukumba, Ali Saleng, mengatakan bahwa karnaval ini untuk memperkenalkan kultur dan juga karakter, budaya dan adat istiadat orang Bulukumba dalam rangka event nasional Festival Pinisi.

“Berharap ke depannya kegiatan ini akan lebih meriah lagi, dan lebih banyak konsep yang menarik kita buat,” ujarnya.