Sesar Walanae, Patahan di Perut Bumi Sulsel yang Bisa Memicu Gempa-Tsunami

Terkini.id, Makassar – Sesar Walanae, yang merupakan patahan di perut bumi di Sulawesi Selatan bisa memicu gempa bahkan tsunami kapan saja.

Sesar ini melewati berbagai daerah di Sulsel, termasuk Kabupaten Soppeng. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBPB) Pusat pun memberikan peringatan untuk daerah-daerah yang dilewati patahan tersebut.

BNPB memprediksi bahwa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berpotensi terkena gempa bahkan tsunami.

Hal itu mencuat dalam kegiatan pemetaan manajemen penanggulangan bencana, di Kantor Gubernur, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin 10 Februari 2020.

Kepala Sub Direktorat Pemetaan dan Analisis Risiko Bencana, Abdul Muhari menjelaskan, berdasarkan structure and topographic map modified from berry & grady (1987), zona sesar utama adalah Walanae.

Daerah berpotensi terkena gempa yang masuk dalam wilayah Walanae tersebut antara lain Kabupaten, Pinrang, Barru, Bone Gowa, Sinjai dan Bulukumba.

“Walanae adalah sistem sesar darat di Sulsel. BPNB sudah menghitung potensi keterpaparan dan sedang menyusun upaya mitigasi di kawasan sesar Walanae,” kata Abdul Muhari.

Meskipun pergerakan Walanae tidak terlalu signifikan namun tetap diwaspadai, jika dimasa depan terjadi gempa sehingga sejak dini bisa diinformasikan kepada pemerintah dan masyarakat.

“Kalau pemerintah ini sekadar masukan dalam penyusunan tata ruang detail daerah, untuk masyarakat tentunya untuk lebih pada penguatan struktur bangunan rumah maupun bangunan-bangunan fasilitas umum dan sosial agar tidak menimbulkan kerugian,” pungkasnya.

Kepala BNPB RI, Doni Monardo mengimbau seluruh kepala daerah tingkat kabupaten/kota serta TNI-Polri, harus memahami potensi bencana di daerah masing-masing.

“Bagaimana kedepan menyusun sebuah perencanaan dalam hal penanggulangan bencana. Daerah tidak boleh sendirian tanpa melibatkan komponen-komponen yang lain. ini harus terintegrasi,” ujarnya.

Bagikan