Setelah Gempa, Gelombang Tsunami Hantam Pesisir Pantai Talise Palu

Gelombang air laut tinggi menghantam pesisir Pantai Talise

Terkini.id, Palu – Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter yang mengguncang Sulawesi Tengah baru-baru ini , Jumat, 28 September 2018, terjadi pada pukul 18.02 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Menurut BMKG, gempa bumi tersebut terjadi tepatnya di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Titik gempa berada di 27 kilometer timur laut Donggala, Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, BMKG merilis gempa bumi tersebut berpotensi tsunami, namun beberapa saat kemudian, pada pukul 17.36 WIB, peringatan potensi tsunami dicabut sementara.

Namun, sebuah video yang direkam warga setempat memperlihatkan gelombang tsunami menghantam sekitar Pantai Talise Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam video tersebut tampak jelas gelombang air laut tinggi menghantam pesisir Pantai tersebut. Warga yang berada di sekitar pun lari berhamburan. Video itu kini tengah viral di masyarakat.

Gempa Donggala
Detik-detik gelombang air laut tinggi menghantam pesisir Pantai Talise

Dilansir dari siaran pers BKMG yang diterima terkini.id, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Palu Koro.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (Slike-Slip).

Gempa Donggala
Gelombang air laut tinggi menghantam pesisir Pantai Talise

BMKG menghimbau agar warga tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD setempat, serta informasi dari BMKG. Dan tetap waspada dengan gempa susulan yang pada umumnya kekuatannya semakin mengecil.

Berita Terkait
Komentar
Terkini