Setya Novanto akhirnya dimasukkan ke sel tahanan KPK

Setya Novanto resmi menjadi tersangka dengan mengenakan rompi warna orange dan ditahan bersama tahanan KPK lainnya di rutan baru

TERKINI.ID, JAKARTA – Setya Novanto, tersangka kasus korupsi e-KTP kini telah resmi menjadi tersangka dengan dibuktikan memakai rompi tahanan KPK sejak tadi malam dini hari dan telah menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus e-KTP.

Setelah dokter menyatakan beliau tidak perlu lagi rawat inap, penyidik langsung membawanya ke gedung KPK. Selesai menjalani pemeriksaan Setya digelandang ke rutan baru yang berada di belakang gedung Merah Putih, Kuningan Jakarta Selatan dengan menggunakan mobil tahanan.

Menurut jubir KPK Febri Diansyah, Setya Novanto ditempatkan bersama tahanan lain dengan ruang sel berkapasitas 5 orang tahanan. Setya ditempatkan satu sel dengan tahanan KPK lainnya seperti auditor BPK, Rochmadi Saptogiri yang ditahan KPK terkait suap pemberian opini WTP pada Kementerian Desa serta kasus gratifikasi dan juga pencucian uang dan pengusaha Sujendi Tarsono yang menjadi tersangka karena kasus suap Bupati Batubara OK Arya Zulkarnaen.

Setya Novanto, akhirnya bisa ditahan dalam sel oleh KPK setelah melalui berbagai proses dramatis atas kejadian yang menimpanya dan seolah-olah menjadi orang sakti yang sulit untuk dijadikan tersangka sejak kasus e-KTP mencuat tahun 2013 lalu. Pernah digugurkan kasusnya karena kurang bukti pemeriksaan namun di bulan November ini kembali kasusnya dibuka KPK dengan bukti-bukti yang ada dan dengan sekali pemanggilan menjadi tersangka dan resmi ditahan KPK di rutan barunya.