Siap-siap! Pemerintah bakal Ubah Pandemi Jadi Endemi, Gencarkan Vaksinasi Corona

Terkini.id, Jakarta – Siap-siap! Pemerintah bakal ubah pandemi jadi endemi, gencarkan vaksinasi corona. Terkait status pandemi Covid-19 yang bakal berubah menjadi endemi yang sudah santer diperbincangkan di berbagai media, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy angkat suara.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah tengah menggencarkan vaksinasi Covid-19 guna persiapan perubahan status pandemi menjadi endemi itu.

Muhadjir bilang hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingat virus corona tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Baca Juga: Angka Covid-19 Turun Drastis, John Hopkins University Sebut Indonesia Terbaik

“Pemerintah gencarkan vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu langkah persiapan transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi,” bebernya ketika meninjau pelaksanaan vaksinasi di Klinik PKU Muhammadiyah Darussalam Medika, Desa Getassrabi, Kecamatan Gebong, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu 11 September 2021 kemarin.

Kendati vaksinasi dipercepat untuk mengubah status pandemi menjadi endemi, imbuh Muhadjir, namun kunci yang paling utama dalam hal ini adalah kesadaran masyarakat.

Baca Juga: Update Vaksinasi di Sulsel, Dosis Satu Telah Capai 30,14 Persen...

“Terutama agar masyarakat terbiasa mematuhi protokol kesehatan. Antara lain patuh menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” imbaunya.

Menurutnya, masyarakat tidak usah disuruh, tidak usah dipelototi aparat.

“Pak Polisi tidak perlu menggiring semua orang untuk pakai masker. Maka itu endemi akan terjadi,” papar Muhadjir.

Baca Juga: Catat Jadwalnya, IKA SMPN 13 akan Gelar Vaksinasi

Ia mengungkapkan, endemi juga akan terjadi apabila masyarakat sudah terbiasa dan memiliki anggapan Covid-19 akan selalu berada di sekitarnya seperti penyakit lainnya. Ini termasuk jika masyarakat bisa memahami kondisinya, seperti berani memeriksakan diri saat merasa tertular Covid-19 serta saat mengalami kontak erat.

“Pokoknya, kalau kesadaran masyarakat tumbuh maka proses endemisasi dari Covid-19 sudah berjalan,” kata Muhadjir.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan rasa bangganya lantaran pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kudus sudah sampai tingkat desa.

Menurut Muhadjir, digencarkannya vaksinasi hingga lingkup terkecil akan meminimalisir munculnya kasus-kasus baru.

Dengan demikian, sebutnya, maka kemungkinan terjadinya kluster tingkat desa bisa diatasi dengan semangat vaksinasi yang dilakukan warga Kudus tersebut.

“Saya kira ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain,” imbuh Muhadjir.

Bagikan