Siapa Subkhan, Petani Bawang yang Dituding ‘Bersandiwara’ di Depan Sandi Uno?

Terkini.id, Brebes – Sosok petani bawang muncul dan berdialog dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno, di Brebes.

Sosok petani yang bernama Subkhan tersebut, menyampaikan keluhannya soal harga bawang yang membuatnya rugi.

Dalam video yang disebarkan oleh Sandiaga Uno, Subhan mengaku terpaksa berutang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga: Kenakan Pakaian Khas Bugis, Plt Gubernur Sulsel Ikuti Rapat Paripurna...

Hanya saja, sejumlah buzzer dan akun pendukung Capres nomor urut 02 ramai-ramai menuding bahwa dialog tersebut cuma sandiwara.

Subkhan dituding cuma mengaku-ngaku sebagai petani bawang.

Baca Juga: Komisi D DPRD Makassar Sebut Tingkat Kekerasan Guru Capai 20...

https://www.facebook.com/errisubakti/videos/10218839575608264/

“Padahal orang gerindra, komisioner KPU Brebes, sebelumnya LSM tukang demo… gak jelas nih orang,” tulis salah satu akun, Erri Subakti.

Postingan tersebut beredar bersama foto data diri Subkhan dan rekam jejaknya.

Penjelasan

Baca Juga: Komisi D DPRD Makassar Sebut Tingkat Kekerasan Guru Capai 20...

Dilansir dari kompas.com, Subkhan memang benar pernah menjadi anggota KPU, dan LSM. Namun, saat ini Subkhan kembali menjadi petani bawang.

KPU memastikan, Subkhan memang pernah menjadi komisioner KPU.

“Setelah kami lakukan konfirmasi kepada KPU Jawa Tengah, Beliau adalah mantan anggota KPU periode lalu. Jadi bukan anggota KPU periode ini,” kata Komisioner KPU, Ilham Saputra.

Subkhan lahir pada 11 November 1973. Alumnus Fakultas Geografi UGM pada 2005 itu adalah warga Desa Tegalglagah, Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah.

“Masuk UGM tahun 1994 dan karena sesuatu hal saya terputus kuliahnya. Kemudian lulus tahun 2005,” kata Subhan, Selasa 12 Februari 2019.

Orang tua Subkhan, H Abdul Khalim dan Saripah merupakan petani tulen. Selain menanam bawang, kedua orang tuanya ini juga menanam tebu.

Darah petani orang tua mengalir pada diri Subkhan. Meski aktif dalam pergerakan, namun tidak meninggalkan pekerjaan utama sebagai petani. Termasuk saat menjadi Komisioner KPU Brebes, dia juga tetap meluangkan waktu mengurusi tanaman bawangnya.

Setelah masa jabatan sebagai anggota KPU Brebes berakhir pada Oktober 2018, Subkhan makin intens memperjuangkan nasib petani.
Saat tahun politik seperti saat ini, Subkhan selalu hadir dalam acara kampanye untuk memperjuangkan aspirasi petani bawang.

“Saya bukan tim sukses capres manapun. Saat ini saya adalah petani. Saya selalu hadir karena ingin memperjuangkan nasib petani bawang,” tegasnya seperti dilansir detikcom.

Tidak hanya kampanye Pilpres, bila ada caleg yang berkampanye Subkhan juga selalu hadir. Alasannya ingin menitipkan nasib petani bawang kepada siapapun politisi yang memang serius ingin memperjuangjan kehidupan petani.

Dia menyebut, beberapa acara kampanye caleg yang pernah dihadirinya adalah udirman Said (Gerindra), Paramitha Widya Kusuma (PDIP), Zubad (PKB) dan lain lainnya.

Bagikan